7 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online dengan Mudah

By | June 7, 2020
Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online dengan Mudah

Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online-Di era globalisasi seperti saat ini, hampir semua aspek kehidupan juga ikut berubah. Kemajuan teknologi dan informasi ikut berkembang dengan pesat. Dengan begitu, hampir semua orang memiliki smartphone atau ponsel pintar yang dilengkapi dengan beragam fitur, salah satunya aplikasi e-commerce. Hal ini mendorong orang-orang untuk berbelanja secara online, karena mudah dan praktis.

Tingginya minat masyarakat terhadap barang yang dijual secara online, akhirnya mendorong para pelaku bisnis melakukan pemasaran secara online. Meski begitu, persaingan antar pebisnis online juga semakin ketat. Jika kamu salah satu pelaku bisnis online, ada beberapa cara menarik pelanggan bisnis online yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan produk seperti berikut ini.

Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online

1.   Menentukan Target

Cara menjalankan bisnis online dan menarik pelanggan adalah menentukan target. Kamu harus mengenali terlebih dahulu target yang ingin kamu bidik. Sebagai contoh, kamu melihat kebutuhan akan perawatan kulit meningkat, terutama di kalangan wanita untuk menunjang penampilan. Dari sini, kamu bisa menjual produk skincare, seperti masker wajah, serum, krim, toner, dan lain sebagainya.

Kamu juga harus update dengan produk-produk yang sedang tren dan digandrungi banyak orang. Kamu harus mengenali target terlebih dahulu. Contohnya, kamu ingin menargetkan pelanggan wanita, maka kamu bisa membuka bisnis online berupa fashion wanita mulai dari baju, sepatu, tas, hingga aksesori wanita.

Memilih wanita sebagai target bisnis online termasuk pilihan yang tepat, karena biasanya wanita lebih konsumtif dibanding pria. Kamu bisa memajang produk-produk best seller pada bagian homepage e-commerce atau sosial media online shop. Dengan begitu, target akan tertarik dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang kamu jual.

2.   Tampilan Toko Online yang Menarik

Tampilan toko online yang kamu jalankan merupakan representasi dari bisnismu. Jika kamu ingin menarik banyak pelanggan, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat toko online-mu terlihat bagus dan menarik. Kamu harus memerhatikan banyak aspek, seperti foto produk yang kamu jual, cara pemesanan yang terorganisir dengan baik, dan promosi produk yang menarik.

Karena toko yang kamu jalankan mengandalkan teknologi dan media sosial, kamu harus mampu menciptakan toko online yang terlihat modern, professional, dan eye-catching. Hal ini bisa menumbuhkan minat pembeli dan memberi kesan pertama yang baik agar online shop-mu selalu diingat oleh pelanggan.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi edit foto untuk mengolah foto produk yang kamu jual agar terlihat semakin menarik dan artistik. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa foto produk yang kamu unggah sesuai dengan aslinya alias real picture. Jangan sampai pelanggan yang membeli produkmu merasa tertipu karena kondisi produk yang diterima berbeda dari foto.

3.   Fokus pada Detail Produk

Selain memerhatikan tampilan toko online-mu dengan foto produk yang menarik dan artistik, kamu juga harus memerhatikan detail lainnya. Detail-detail yang harus kamu tambahkan pada e-commerce atau media sosial online shop milikmu yaitu harga produk, jasa pengiriman yang digunakan, deskripsi atau spesifikasi produk, dan jumlah item yang tersedia.

Dengan memberikan informasi yang tepat dan menarik, calon pembeli akan terdorong untuk membeli produk yang kamu jual. Jika kamu memiliki website online shop sendiri, kamu bisa menulis beberapa artikel yang relevan dengan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa mengunggah video tutorial, review produk, atau testimoni dari para pelangganmu.

Jika kamu masih bermodalkan media sosial untuk memasarkan produk, kamu bisa mengunggah postingan yang relevan. Misalnya, produk yang kamu jual adalah produk skincare, maka selain memposting foto produk, kamu juga bisa memposting informasi tentang penyebab jerawat atau wajah kusam. Postingan seperti ini akan membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

Selain itu, kamu bisa menampilkan jumlah item yang sudah terjual dan peringkat tokomu. Kamu juga bisa menampilkan diskon atau potongan harga untuk menarik minat dan meyakinkan pembeli bahwa produk yang kamu jual lebih murah dibanding toko lainnya. Hal ini dinilai efektif, karena biasanya calon pembeli akan melihat ulasan sebuah toko terlebih dahulu sebelum membeli produk.

4.   Membangun Reputasi yang Baik

Setelah menarik minat dan perhatian pelanggan dengan tampilan toko online dan detail produknya, cara menarik pelanggan bisnis online yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membangun reputasi yang baik. Bangun kepercayaan pelanggan toko online-mu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Dengan begitu, pelanggan akan memberikan feedback yang positif yang berguna untuk membangun reputasi toko.

Kamu bisa menawarkan jaminan produk dan menampilkan beberapa ulasan positif dari pelanggan lain yang pernah membeli produkmu. Dengan testimoni berupa ulasan positif dari pelanggan-pelanggan sebelumnya, kamu bisa menarik minat calon pelanggan untuk membeli produkmu. Testimoni dapat membuktikan bahwa bisnis online yang kamu jalankan benar-benar terpercaya dan memuaskan. jika kamu menjual makanan kamu perlu membaca artikel yang satu ini 7 Cara Meningkatkan Penjualan Makanan

5.   Memberi Pelayanan yang Baik

Selain menonjolkan keunggulan produk, cara menarik pelanggan bisnis online yang perlu dilakukan adalah memberi pelayanan yang baik. Agar pelanggan tertarik membeli produkmu, kamu bisa memberikan respons yang cepat. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dilayani dengan baik dan tokomu akan mendapatkan feedback yang positif.

Cara ini kadang masih diabaikan oleh para pelaku bisnis online. Banyak calon pembeli yang batal membeli hanya karena penjual kurang responsif dan akhirnya memilih toko online lainnya yang lebih fast response. Pelayanan yang kurang baik dan respons yang lambat menimbulkan persepsi buruk, karena merasa diabaikan dan tidak dihargai oleh seller.

Dengan memberikan pelayanan yang baik dan respons yang cepat, sering kali pelanggan akan mengabaikan harga yang kamu banderol. Mereka tidak akan peduli dengan harga yang lebih tinggi, asalkan mereka dilayani dengan baik. Pelanggan juga akan merasa puas dan memungkinkan mereka untuk membeli kembali (repurchase) produk-produk lain yang kamu jual.

6.   Promosi yang Menarik

Cara lainnya untuk menarik pelanggan bisnis online yaitu dengan melakukan promosi yang menarik. Kamu bisa membuat iklan yang bisa menarik minat pembeli dengan mengunggahnya ke media sosial yang khusus dibuat untuk berjualan online. Semakin menarik iklan yang kamu buat, maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi online shop-mu.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer atau selebgram yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk melalui video promosi berupa review produk. Namun, tentunya kamu harus menyiapkan budget, karena biasanya influencer atau selebgram akan mematok biaya promosi mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung tingkat kepopuleran mereka.

Cara berpromosi melalui media sosial dengan bantuan influencer atau selebgram ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan, karena mereka sudah memiliki jumlah viewers yang banyak. Cara ini bisa menarik dan membuat audiens penasaran, kemudian berkunjung ke online shop milikmu untuk melihat produk yang kamu jual. Tak sedikit pula yang akhirnya memutuskan membeli produk jualanmu. bila perlu kamu merekrut Sosial Media Strategist? belum tahu apa itu? kamu bisa membaca disini Apa Itu Social Media Strategist

7.   Memberikan Diskon dan Penawaran yang Menarik

Beberapa pelaku bisnis online mungkin merasa kesulitan untuk memasarkan produknya, bahkan mengalami stagnasi pada tingkat penjualan produk. Hal ini bisa disebabkan karena seller tidak memberikan penawaran yang menarik. Sesekali tidak ada salahnya memberikan potongan harga atau promo menarik lainnya untuk menarik pelanggan.

Kamu bisa memberikan penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim, discount up to 90%, beli 3 gratis 1, potongan 10 ribu setiap pembelian minimal 150 ribu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memberikan garansi produk, seperti pengembalian uang atau refund apabila barang diterima dalam keadaan rusak atau barang tidak berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Ketujuh cara menarik pelanggan bisnis online di atas bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan produkmu. Intinya, jangan berhenti berinovasi dan mencoba hal-hal baru untuk menarik perhatian pelanggan. Kenali permintaan pasar dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan promosi-promosi menarik.