Tutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw

GAMPANG BANGET! Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw

Corel Draw hingga saat ini masih menjadi software editor terbaik dan terbanyak digunakan. Salah satunya berkat kemudahan serta fleksibilitas penggunaannya. Termasuk juga bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw.

Fleksibilitas dan kemudahan menjadi faktor unggulan dari Corel Draw. Membuat software editor ini jauh lebih mudah digunakan dibandingkan dengan lainnya. Meski mungkin beberapa software editor mirip Corel Draw lain memiliki fitur hingga fungsi serupa.

Kemudahan fitur ini salah satunya dalam membuat desain. Corel Draw memang dilengkapi dengan sederet tools yang akan mempermudah desainer saat membuat desain. Termasuk juga tool untuk bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw.

Tulisan melengkung sering kali menjadi elemen penting di dalam desain. Gaya satu ini membuat desain tampil lebih unik sekaligus menarik. Terlebih ada beberapa style berbeda untuk tulisan melengkung yang bisa digunakan.

Untuk cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw sebenarnya sangat mudah. Pengguna bahkan juga bisa memilih beberapa gaya untuk tulisan melengkung tersebut. Termasuk juga tulisan melengkung yang mengikuti objek tertentu. 

Pastinya gaya tulisan melengkung satu ini akan membuat desain yang dibuat di Corel Draw lebih keren.

Agar tidak salah, berikut ini merupakan tutorial termudah bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw. Pastinya tutorial ini akan bisa digunakan oleh pengguna pemula sekalipun.

Tutorial Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw Termudah

Cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw tidak saja digunakan untuk desain. Seperti desain undangan maupun kalender. Gaya tulisan melengkung maupun oval ini pun akan digunakan untuk stempel. Bahkan bila mungkin menyertakan stempel di dalam desain.

Selain dengan Corel Draw, membuat tulisan gaya melengkung memang bisa dengan beberapa software editor lain. Seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, maupun software yang sama dengan Corel Draw lainnya.

Walau bisa menggunakan software editor lain, Corel Draw memberikan cara membuat tulisan melengkung paling mudah. Bahkan bagi pengguna atau desainer pemula sekalipun.

Untuk membuat tulisan melengkung dan melingkar di Corel Draw, tool yang digunakan adalah Bezier Tool. 

Tidak hanya akan bisa membuat tulisan bergaya melengkung atau melingkar. Tool ini pun akan membantu membuat tulisan bergelombang. Bahkan bisa juga mengikuti bentuk-bentuk lain.

Langkah-langkah untuk membuat tulisan melengkung dan melingkar menggunakan Bezier Tool diantaranya:

  • Buat Dokumen Baru di Corel DrawnewLangkah pertama ialah membuat dokumen baru di Corel Draw. Untuk membuat dokumen baru tentunya sudah sangat paham. Klik menu File lalu pilih New Document.Setelah itu akan ada halaman lembar kerja baru terbuka di workspace Corel Draw.
  • Gambar Garis atau Pola Dengan Bezier ToolTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw
    Setelah memiliki halaman lembar kerja baru, buat pola dengan Bezier Tool. Nantinya tulisan atau teks akan mengikuti pola yang dibuat ini.Pola tersebut pun bisa bermacam-macam. Bila hendak membuat tulisan melengkung, tentunya pola yang dibuat berupa lingkaran. Selain itu juga bisa membuat pola oval, persegi, bahkan juga garis berombak.

    Selain menggunakan Bezier Tool, membuat pola terutama bentuk lingkaran atau oval bisa dengan Ellipse Tool. Penggunaan kedua tool ini tak jauh berbeda. 

    Hanya saja Ellipse Tool hanya akan membuat pola dengan bentuk lingkaran atau oval. Sedangkan Bezier Tool bisa berbagai bentuk lain.

  • Gunakan Tool Fit Text to PathTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw
    Bila sudah menentukan dan membuat pola, berikutnya tinggal membuat tulisan.
    Membuat tulisan di Corel Draw menggunakan Text Tool di Tool Box. Buat tulisan apa saja sesuai dengan yang diinginkan. Jangan lupa mengatur jenis Font, ukuran, dan juga warna untuk tulisan.Kemudian klik pada tulisan, lalu pilih Text di Menu Bar. Pada sederet pilihan menu yang muncul, klik pada option Text to PathAnak panah akan muncul di tulisan untuk melakukan pengaturan selanjutnya.
  • Atur Bentuk Teks Mengikuti PolaTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw
    Anak panah berwarna merah yang muncul setelah memilih Text to Path digunakan untuk mengatur tulisan. Termasuk membuat tulisan mengikuti pola yang sudah dibuat.
    Untuk mengatur tulisan agar mengikuti pola cukup menggerakkan kursor. Anak panah tersebut akan langsung secara otomatis mengikuti bentuk pola. Baik itu melengkung, oval, maupun lingkaran.Pengguna dapat dengan mudah mengatur bentuk, arah, bahkan jarak tulisan dengan menarik kursor di anak panah.Tool ini juga bisa digunakan untuk membuat tulisan mengikuti bentuk lingkaran. Nah, saat tulisan mengikuti bentuk lingkaran di posisi bawah, teks akan terlihat terbalik. Untuk mengatasi ini, klik ikon kecil dengan huruf a di Tool Bar. Fitur ini akan membuat posisi tulisan tidak terbalik lagi.
  • Pisahkan Objek Pola Dengan TeksTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel DrawCara di atas masih akan membuat tulisan terhubung dengan pola yang dibuat. Untuk memisahkan antara tulisan dan objek, caranya pun tak kalah mudah.Pertama-tama klik menu Object. Kemudian pilih Break Text Apart. Selanjutnya tulisan akan tetap melengkung atau sesuai dengan pola. Namun akan terpisah dari objek pola yang dibuat sebelumnya.
  • Hilangkan Garis PolaTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel DrawSaat objek dan pola sudah terpisah, berikutnya hanya perlu menghilangkan garis pola. Ada beberapa cara berbeda untuk menghilangkan garis atau objek pola. Diantaranya seperti:
    • Klik pada garis atau objek pola lalu tekan tombol Del di keyboard.
    • Klik garis dan objek pola, kemudian klik kanan pada ikon kotak silang yang muncul.
    • Cara terakhir dengan klik pada garis dan objek pola, pilih ikon bergaris merah di menu Color.

    Ketiga cara di atas akan menghilangkan objek dan garis pola. Sehingga tulisan akan benar-benar terlihat melengkung atau melingkar. Tanpa mengikuti objek yang diikuti.

  • Export atau Save DokumenTutorial Termudah Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel DrawLangkah terakhir untuk cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw tentu saja menyimpan dokumen dengan cara mengexportnya. Caranya juga sangat mudah. Pilih menu File kemudian klik pada Export.Dokumen dengan tulisan melengkung sudah tersimpan dan bisa digunakan untuk desain lain.

Keterangan Properties Bar Untuk Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw 

Saat membuat tulisan melengkung dengan cara di atas, akan muncul menu baru di Properties Bar. Menu ini berisi beberapa pilihan untuk tampilan tulisan melengkung.

Berikut ini merupakan keterangan dan cara menggunakan pilihan menu di Properties Bar untuk membuat tulisan melengkung.

  • Text Orientation: Berfungsi untuk menentukan style atau gaya teks melengkung. Termasuk bagaimana tampilan teks saat mengikuti objek pola.
  • Distance From Path: Opsi ini berfungsi untuk mengatur jarak antara tulisan dan pola.
  • Offset: Menu dengan angka positif dan negatif ini digunakan untuk menentukan posisi teks. Apakah lebih dekat atau jauh dengan posisi awal pola. Nilai positif berarti teks lebih dekat dengan titik awal pola. Sedangkan negatif untuk menentukan berapa jauh jarak teks dengan titik awal.
  • Mirror Text Horizontally: Menu untuk membalik teks secara horizontal, dengan posisi dari kiri ke kanan.
  • Mirror Text Vertically: Menu untuk membalik teks secara vertikal, dengan posisi dari atas ke bawah.
  • Text Snapping: Menentukan spasi teks. Untuk membuat teks lebih menjentik ke arah pola.

Cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw memang sama sekali tak sulit. Bahkan cenderung sangat mudah. Teks melengkung yang banyak digunakan dalam desain pun akan bisa dibuat oleh pemula selalipun.