Cara Membuat Slime 1 Bahan, Gini Caranya..

Cara Membuat Slime 1 Bahan – halo sobat Humorbendol, apakah kalian sudah kenal dengan slime? Slime ini merupakan mainan anak-anak yang sangat populer loh sobat. Bahkan tidak jarang orang dewasa yang juga suka bermain bahkan mengoleksi slime ini.

Slime ini memiliki banyak jenis dan warna yang berbeda-beda. Karena biasanya orang yang menjual akan terus membuat varian baru dari produk slime mereka seperti boba milk tea, oreo supreme, edisi natal dan masih banyak lagi. Slime yang terbaru biasanya akan dipadu padankan dengan clay yang dibentung dan charm sebagai pemanis.

Banyak sekali cara membuat slime ini, tapi apakah bisa membuat slime dengan 1 bahan saja? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul mengenai cara membuat slime 1 bahan. Apakah sobat sendiri penasaran?

Nah, sebelum masuk ke cara membuatnya, humorbendol akan memberikan informasi mengenai sejarah slime, cara membuatnya dan masih banyak lagi. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Slime

cara membuat slime 1 bahan
Source : klikdokter.com

Slime merupakan mainan anak-anak yang memiliki tekstur lengket dan berlendir. Slime memiliki bahan utama berupa lem dan dicampur dengan slime activator (bahan kimia). Pada tahun 1928 slime ditemukan oleh ilmuwan yang Bernama Meyer dan Mark. Kemudian pada tahun 1950 barulah slime terseut dipasarkan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ketika ilmu polimer sintetis ditetapkan slime ini kemudian ditemukan pada abad ke-20. Penerapan dari ilmu tersebut sudh sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti kantong plastic, pipa PVC atau paralon, benang nilon, botol plastic, ban mobil, Teflon atau wajan dan masih banyak lagi.

Meyer dan Mark ini mempelajari model molekul Staudinger  yang kemudian baru diterapkan dan dipakai oleh masyarakat pada tahun 1930-an. Inilah yang menjadi awal mula penggunaan ilmu polimer sintetis dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian setelahnya semakin banyak pabrik yang membuat dan memasarkan mainan dengan bahan polimer terutama slime selama bertahun-tahun lamanya bahkan sampai saat ini. mainan ini sangat berguna karena bisa melatih ketangkasan dan kreatifitas bukan hanya untuk anak-anak saja loh sobat, bahkan orang dewasa juga.

Pertama kali mungkin mainan ini berbentuk seperti tanah liat. Tetapi seiring berkembangnya zaman dan teknologi maka semakin lama slime pun dikembangkan, dimodifikasi sedemikian rupa seperti penemuan Silly Putty pada tahun 1950-an.

Also Read :
Terbaru! Cara Pasang Iklan Di Youtube dengan Mudah

Kemudian 30 tahun berlalu di tahun 1980, banyak sekali jenis slime yang sudah dipasarkan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat slime pada zaman tersebut pun sudah menggunakan alkohol atau biasanya ditemukan dalam kandungan lem cair bening, gums (bubuk serat) dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Slime 1 Bahan

Banyak anak-anak yang mencari tau apakah bisa dan ada cara membuat slime 1 bahan ini. jika dipikir-pikir agaknya mustahil karena seharusnya paling sedikit slime dibuat dengan menggunakan 2 bahan. Karena yang dibutuhkan adalah bahan utama dan bahan pendukung yang bisa membuat bahan utama tersebut berbentuk elastis seperti slime pada umumnya.

Tapi sobat jangan khawatir, di bawah ini kami akan memberikan bermacam-macam cara membuat slime. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Slime Dengan Shampo

cara membuat slime 1 bahan
Source : iprice.co.id

Cara yang pertama yaitu ada cara membuat slime dengan shampoo sebagai bahan utamanya. Seperti biasa yang harus disiapkan pertama adalah bahan-bahan:

  • Pasta gigi
  • garam
  • wadah untuk membuat slime
  • alat pengaduk seperti slime
  • 280 gram tepung maizena
  • 120 milliliter sampo bening / berwarna putih
  • 6 sendok makan air
  • pewarna makanan sesuai keinginan

Step Membuatnya bisa dilihat di bawah ini.

Step 1 > silahkan masukan shampo (dianjurkan bening / berwarna putih) ke dalam wadah yang telah disiapkan sebanyak 2 sendok makan kemudian tambahkan beberapa tetes pewarna makanan. Jika bisa pilihlah sampo yang memiliki tekstur kental

Step 2 > step kedua ini sebenarnya opsional dan pasta gigi bisa diganti dengan pengharum kue atau semacamnya. Berikan sedikit pasta gigi kedalam adonan yang tadi agar memiliki aroma seperti mint dengan takaran ¼ sendok makan atau satu sendok teh, sesuaikan dengan banyaknya sampo yang dimasukan. Kemudian aduk hingga rata.

Step 3 > setelah bahan tercampur, diamkan adonan slime selama10-60 menit. Apabila tekstur nya masih encer silahkan sobat masukkan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih 50 menit. Keluarkan dan mulai coba untuk mamainkan adonan ini dengan jari sampai teksturnya elastis.

Catatan : mungkin teksturnya tidak akan sama dengan slime yang dibuat dari activator slime ataupun gums.

Cara Membuat Slime Dari Bedak Bayi dan Baby Oil

cara membuat slime 1 bahan
Source : hallosehat.com

Cara yang berikutnya kamu hanya memerlukan 3 bahan saja yaitu pertama kamu campurkan semua bahan yaitu bedak bayi, baby oil dan air. Untuk takarannya 1 botol bedak bayi ukuran kecil untuk ¼ baby oil atau bisa kamu tambahkan sesuai dengan teksturnya. Kemudian kamu tambahkan air seidkit demi sedikit. Ada opsi kamu bisa menambahkan pewarna makanan bila ingin slimenya memiliki warna.

Also Read :
5 Cara Tag Youtube Agar Banyak Viewers

Jika slime sudaah terlihat elastis dan cantik, kamu tinggal memainkannya. Kamu bisa memasukkan ke dalam kulkas jika seandainya slime dirasa kurang lembut dan elastis.

Cara membuat Slime Dari Sunlight

cara membuat slime 1 bahan
Source : sajiansedap.grid.id

Jika 2 cara diatas mengunakan sampo dan bedak bayi, berikutnya kamu bisa menggunakan sunlight atau sabun pencuci piring untuk membuat slime. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu shampoo (yang bening / putih), garam, sunlight, tepung terigu dan minyak goreng. Autor rasa semua bahan-bahan ini sudah tersedia di rumah masing-masing tanpa harus membeli terlebih dahulu.

Step 1 > tuangkan masing-masing tepung dan sunlight sebanyak 2 sendok makan ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk hingga tercampur rata dan teksturnya kental. Lalu, masukan minyak goreng ke dalam adonan yang tadi agar tidak lengket. Kamu bisa mengganti minyak goreng dengan baby oil.

Aduk sampai semua bahan tercampur rata kemudian tambahkan pewarna makanan agar terlihat cantik. Masukkan ke dalam kulkas hingga tekstur menjadi lebih elastis. Slime sudah siap dimainkan.

Kesimpulan

Slime merupakan mainan anak-anak yang memiliki tekstur lengket dan berlendir. Slime memiliki bahan utama berupa lem dan dicampur dengan slime activator (bahan kimia). Yang ditemukan pada tahun 1928, dikembangkan dan dipasrkan pada tahun 1950 dan 1980 slime semakin upgrade yang mana bahan-bahan yang digunakan mengikuti perkembangan teknologi.

Slime bisa dimainkan oleh anak-anak mulai dari usia 7 tahun ke atas. Mengapa? Karena mengingat kandungan yang ada dalam slime ini cukup berbahaya seperti alkohol, boraks, lem dan sebagainya yang akan membuat kulit anak-anak rusak karena merekamasih memiliki kulit yang sensitif. Anak-anak pun bermain harus dalam pengawasan orang tua dan sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah selesai bermain.

Bagaimana sobat? Apakah kammu tertarik untuk mencoba membuat slime ini di rumah? Ingat untuk selalu mengawasi anak-anak saat bermain ya sobat.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu berikan dalam artikel cara membuat slime 1 bahan ini. kami juga sudah memberikan penjelasan mengenai sejarah slime dan hal yang harus diperhatikan dari bermain slime ini.

Bagikan artikel ini kepada teman-teman yang mungkin akan membantu dan bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun akan sangat kami perlukan dalam pembuatan artikel kami.