CEPAT dan MUDAH! Cara Membuat Link Bitly Google Form

Cara Membuat Link Bitly Google Form – halo sobat Humorbendol, apakah sobat pernah membuat Google Form? Google Form ini biasanya digunakan untuk kuis di sekolah, survey dan semacamnya. Apalagi di zaman pandemi seperti sekarang, tugas-tugas sekolah, kuis kuliah dan lain-lain pun banyak yang menggunakan Google Form ini

Alasan orang-orang menggunakan Google Form ini adalah karena cara membuatnya terbilang mudah. Menu-menunya sederhana dan mudah untuk dicari. Bahkan tanpa melihat cara membuatnya di youtube pun kita bisa membuatnya.

Nah, ketika link Google Form ini disalin maka linknya akan berbentuk URL. Lalu bagaimana caranya agar link bisa berubah menjadi Bit.ly? Di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai Google Form mulai dari pengertian hingga cara membuat link bitly dari Google Form.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Google Formulir

cara membuat link bitly google form
Source : inet.detik.com

Google Formulir merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuat survei, kuis, formulir dan sebagainya. Google Dokumen ini merupakan web gratis. Adapun fitur-fitur yang dimiliki Google Form ini berupa dokumen, slide dan spreadsheet.

Platform Aplikasi web
Jenis Groupware > Survei web
Pengembang Google LLC
Rilis perdana 6 Februari 2008; 13 tahun lalu
Perancang awal vasdell
  1. Cara Membuat Link Bitly Google Form

cara membuat link bitly google form
Source : Google

Cara pertama untuk cara membuat link bitly Google Form ini adalah dengan masuk langsung ke website bit.ly. Bitly sendiri memiliki banyak fitur yang bisa kamu nikmati seperti kamu dapat membuat nama sesuai dengan yang kamu inginkan dan ada fitur data statistik.

Untuk mulai membuat link bitly Google Form ini sesuai dengan keinginanmu kamu bisa melihat caranya di bawah ini:

  1. Masuk ke website resmi bitly
  2. Buat akun gratis di website tersebut
  3. Tekan tombol “Creat Link” di menu beranda situs Bit.ly
  4. Salin link Google Form yang sudah kamu buat
  5. Masukkan link yang sudah disalin tersebut ke dalam kolom yang tersedia
  6. Di jendela baru, isilah kotak judul dengan link Bit.ly. Customize Back-Half (custom link sesuai keinginan)
  7. Kemudian ada tag yang dapat kamu isi dengan label agar lebih bisa membantu kamu menyesuaikan link yang telah kamu buat sebelumnya.
  8. Tekan tombol “SAVE
  9. Lalu link yang tadi dibuat sudah selesai
  10. Link bitly yang sudah tersedia bisa kamu share
Also Read :
Cara Mudah Ganti Font untuk Bio Instagram

Bagaimana sobat, mudah bukan cara membuat link bitly Google form ini? Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya seperti di atas.

  1. Cara Membuat Link S.id

cara membuat link bitly google form

Yang kita bahas disini sebenarnya adalah cara untuk memperpendek link website. Nah, cara untuk mengubah link berikutnya yaitu ada link S.id. banyak fitur-fitur yang menarik untuk bisa kamu nikmati di website ini.

Ada hal yang perlu kamu ingat loh sobat untuk memulai mengubah link menggunakan S.id ini. Yaitu kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Mari simak caranya di bawah ini.

  1. Masuk ke situs resmi S.id lalu mulailah untuk membuat akun
  2. Jika sudah berhasil membuat akun, kamu bisa langsung login kemudian masukkan link dari Google Formulir pada kolom yang tersedia
  3. Maka secara otomatis link tersebut akan berubah menjadi link yang pendek
  4. Kamu juga bisa custom link sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan dengan menakan pilihan “Ganti” lalu silahkan masukkan nama link yang kamu mau
  5. Apabila telah selesai maka kamu bisa menyimpannya dengan menekan tombol centang biru
  6. Link sudah bisa disalin atau dibagikan

3.Cara Membuat Link dengan Ungu.in

cara membuat link bitly google form

Berikutnya ada cara mudah untuk mempersingkat link Google form yaitu kamu bisa membuatnya di situs resmi ungu.in. Situs ini didominasi dengan warna ungu yang cantik loh sobat. Kemudian website ini merupakan website yang sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Bagaimana? Dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu.

Hal yang harus kamu tau adalah bahwa website yang satu ini bukan situs berbayar alias gratis. Jadi kamu bisa langsung masuk, registrasi dan melakukan cara-caranya seperti di bawah ini.

Cara membuat link ungu.in :

  1. Di HP atau PC, silahkan kamu buka situs resmi ungu.in
  2. Kemudian masukan link yang akan kamu ubah ke dalam kolom yang sudah tersedia
  3. Buatlah nama link sesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Lalu, Klik tombol “Yuk”.
  5. Dan link sudah siap untuk dibagikan

4. Cara Membuat Link GForm dengan Adtival

cara membuat link bitly google form

Lanjut ke cara berikutnya, ada cara membuat link dengan adtival. Cara membuatnya cukup mudah dan hampir sama dengan website lain. Bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Silahkan masuk ke situs resmi Adtival.network di HP atau PC
  2. Kemudian silahkan buat akun terlebih dahulu
  3. Lalu tekan tombol “NEW LINK” dan salin link sebelumnya ke dalam kolom yang tersedia
  4. Pilih opsi “ADVANCED OPTIONS
  5. Kemudian kamu bisa membuat custom link yang kamu inginkan pada kolom “ALIAS
  6. Kamu juga dapat merubah link yang pendek ke link yang sesuai dengan keinginanmu loh sobat
  7. Apabila telah selesai, klik “SHORTEN
Also Read :
Cara Mengubah Akun Instagram Bisnis Menjadi Biasa

5. Cara Membuat Link dengan Tiny.cc

cara membuat link bitly google form

Cara mengubah link google form menjadi lebih singkat berikutnya adalah dengan bantuan website tiny.cc. Pada cara yang satu ini, kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus melakukan daftar akun terlebih dahulu.

Meskipun demikian,kamu tetap bisa membuat akun untuk mendapatkan fitur-fitur yang menarik seperti fitur statistik data untuk bisa melihat jumlah orang yang sudah mengklik link yang sudah kamu bagikan menjadi lebih pendek tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mengubah linknya menjadi lebih pendek? Yaitu kamu langsung ke situs resminya kemudian tempel link yang ingin kamu ubah. Kemudian website tersebut akan otomatis mengubahnya dan kamu sudah bis amembagikan link tersebut.

6. Cara Membuat Melalui Dik.si

cara membuat link bitly google form

Cara yang berikutnya adalah dengan bantuan wbsite yang Bernama dik.si. Website ini memiliki tampilan yang bagus dan juga update ke teknologi yang lebih canggih. Website ini juga bisa diaplikasikan secara gratis loh sobat.

Kamu juga bisa mendapatkan fitur menarik dengan mendaftarkan akunmu terlebih dahulu melalui facebook, google ataupun twitter. Caranya pun sama saja dengan cara membuat link bitly google form atau pun dengan situs-situs lainnya.

Keuntungan Menggunakan Google Form

Di bawah ini ada beberapa keuntungan yang isa kamu rasakan jika kamu menggunakan Google Formulir ini. Apa saja? Mari simak ulasannya di bawah ini.

  1. Bisa diakses secara gratis
  2. Mudah dibagikan dengan menshare link
  3. Mudah diaplikasikan atau programnya ringan
  4. User Friendly
  5. Memiliki Fitur Spreadsheets

Kesimpulan

Google Formulir merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuat survei, kuis, formulir dan sebagainya. Kamu juga bisa menikmati fitur spreadsheet dengan Google Formulir ini.

Cara membuat link bitly google form atau dengan bantuan link lainnya sebenarnya memiliki cara yang hampir sama. Perbedaannya mungkin ada yang memerlukan daftar akun terlebih dahulu dan ada yang tidak.

Nah, itulah informasi mengenai bagaimana cara mengubah link google form ke link yang lebih singkat. Jika artikel Cara membuat link bitly google form ini membantu, silahkan bagikan ke teman-teman agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat.

Kritik dan saran yang membangun juga sangat kami perlukan demi kesempurnaan artikel ini.