Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva sehingga lebih sedap diperhatikan? Atau saat ini Anda memang tertarik untuk mencobanya? Jika begitu, yuk cari tahu bagaimana cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva agar media sosialmu yang satu ini lebih menarik.

Sebelum mengetahui bagaimana caranya, mari kenali lebih dulu mengenai aplikasi Canva.

Sekilas Mengenai Canva

Salah satu tools desain grafis yang bisa digunakan baik secara gratis maupun berbayar adalah Canva. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2012 ini, didirikan oleh Melanie Perkins. Ia jugalah yang mendirikan penerbit buku ternama di Australia, yaitu Fusion Books.

Dengan canva, Anda bisa terbantu dalam merancang berbagai jenis desain kreatif. Di antaranya seperti desain kartu, membuat poster dan brosur, hingga memungkinkan Anda membuat tampilan sebuah presentasi yang lebih bergaya.

Canva sendiri bisa digunakan dalam bentuk web, juga aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore untuk Android. Atau pengguna iPhone bisa mendapatkannya di AppStore. Begitu mudahnya aplikasi ini digunakan bahkan oleh pemula sekalipun, membuat namanya begitu booming dan di tahun  2017, mampu menembus 10 juta pengguna.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung di Canva

Kemudian bagaimana cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva. Anda tentunya semakin penasaran, bukan? Yang pasti karena didukung dengan berbagai fitur, aplikasi ini memang akan memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal.

Berikut ini adalah tutorial menggunakan Canva untuk membuat feed Instagram yang Bersambung.

cara membuat feed instagram

Lakukan Sign-Up di aplikasi atau website Canva

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Canva atau membuka website-nya di mesin pencarian. Berikutnya buatlah akun terlebih dahulu. Di sini, Anda bisa menentukan dengan akun mana yang akan digunakan untuk mendaftar. Isi data pribadi yang diminta oleh Canva.

Untuk Anda pengguna Android yang ingin menggunakan aplikasi Canva, maka sebaiknya menyiapkan ruang memori sebesar 103 MB. Aplikasi yang teolah diunduh lebih dari 100 juta kali ini, menawarkan sejumlah item yang bisa Anda gunakan dengan cara membayarnya, kisaran harganya sendiri mulai dari Rp 20.600 hingga Rp 890.000.

Also Read :
Terbukti Cuan,8 Cara Menghasilkan Uang dari HP

Memilih Akun

Canva memberikan dua pilihan pada Anda, apakah akan menggunakannya untuk kebutuhan desain bisnis atau hanya bersifat personal. Canva juga memungkinkan Anda untuk bergabung menjadi bagian dari desainernya, dengan membuat desain yang menarik, hingga akhirnya bisa mendapatkan penghasilan.

Setelah berhasil membuat akun, Anda bisa langsung membuat desain seperti yang Anda inginkan. Di sini Anda tinggal menentukan desain grafis yang dibuat akan digunakan untuk kepentingan Apa.

Ada banyak template menarik dengan berbagai ukuran, seperti untuk feed instagram, story, hingga reel Instagram. Begitu juga dengan media sosial lainnya seperti, Facebook, Twitter, hingga YouTube. Sementara bagi Anda yang ingin membuat poster, undangan atau presentasi, bisa memilih ukuran dan template yang paling pas.

Perlu berlatih agar bisa membuat desain yang bagus. Terlebih bila akan digunakan di feed Instagram. Hal ini dikarenakan Canva menyediakan begitu banyak fitur menarik, hingga bisa dibongkar pasang pada desain Anda.

Adapun fitur-fitur yang bisa Anda gunakan seperti: template siap pakai, ikon dan ilustrasi, text, background, animasi, dan masih banyak lagi. Sementara jika Anda ingin menggunakan Canva versi berbayar, maka akan dikenai biaya berlangganan Rp 769.000 yang bisa digunakan maksimal oleh lima akun yang berbeda.

Berbeda dengan versi gratisnya, di Canva Pro, fitur yang bisa digunakan tidak terbatas. Di mana Canva menyediakan lebih dari 100 juta stok foto, video, hingga audio, juga text, dan semua yang terdapat di aplikasi. Menariknya lagi, Anda bisa menyimpan file hingga 100 GB. Sementara untuk versi gratisan hanya mampu menyimpan hingga 1GB saja.

Tidak hanya itu Canva Pro juga memungkinkan Anda untuk me-resize gambar agar sesuai dengan platform yang akan digunakan dengan sangat mudah. Bagi Anda yang kerap kesulitan untuk menghilangkan background, di sini juga bisa Anda dapatkan.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Aplikasi Canva

Nah ini dia cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva yang perlu Anda ikuti.

cara membuat feed instagram

Buat kanvas baru

Untuk membuat kanvas baru di Canva, yang perlu Anda lakukan adalah membuat desain dengan mengetuk tombol “Create a Design”. Menu ini berada di bagian kanan atas Anda. Kemudian pilih Instagram post.

Adapun dimensi untuk foto Instagram adalah 1080 x 1080 piksel. Untuk itu lebar kanvas yang tepat adalah 3240 piksel. Sementara tingginya disesuaikan dengan jumlah postingan yang akan Anda buat.

Also Read :
Cek Resi Sen Hong Mudah dan Cepat

cara membuat feed instagram

Menu edit gambar

Masuk ke menu edit gambar dan klik tab element yang ada di sebelah kiri, kemudian cari fitur Grid. Pilih See All dan carilah bentuk grid yang Anda inginkan. Klik grid dan secara otomatis akan mengisi template yang kosong di bagian kanannya.

Perlu Anda ketahui, grid di Instagram yang paling banyak digunakan adalah 3×3. Grid ini juga yang paling mudah untuk diaplikasikan.

Buat Garis Pembatas

Cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva bisa dilanjutkan dengan membuat kisi-kisi atau garis pembatas. Garis ini yang akan menentukan di mana postingan yang akan terpotong nantinya.

Caranya adalah klik fitur Elements kemudian carilah garis titik-titik pada fitur line. Lajutkan dengan membuat garis kisi dengan mengikuti batasan grid yang sudah terbentuk tadi. Selanjutnya hapus grid setelah semua garis kisi terbentuk.

cara membuat feed instagram

Buat Konten

Kini saatnya Anda memasukkan tulisan, foto, atau gambar pada kanvas yang sudah disiapkan tadi. Ada banyak fitur gratisan yang diberikan Canva dan bisa Anda coba terapkan. Yang pasti, posisikan gambar agar lebih menarik dan terlihat nyambung, meski terpotong oleh garis kisi tadi.

whatsapp image 2021 12 10 at 18.46.10

Berikutnya jika sudah selesai, jangan lupa untuk menghapus kisi garis yang sebelumnya. Download gambar dengan kualitas tinggi. Tujuannya adalah gambar tidak pecah saat di unggah di Instagram Anda.

Setelah proses download selesai, Anda hanya tinggal masuk ke akun Instagram dan posting konten tersebut. proses terakhir yang harus Anda lakukan adalah menggunakan Pine Tool. Caranya adalah dengan membuka website-nya, kemudian klik Image dan pilih Split Image.

whatsapp image 2021 12 11 at 13.25.21

Upload foto yang sudah dibuat dan dipotong ke dalam beberapa bagian kemudian pilih file di Input Image. Kemudian klik Option dan pilih Both Grid. Isi jumlah foto sesuai yang Anda inginkan dan Split Image, akhiri download file.

whatsapp image 2021 12 11 at 13.25.22

Saatnya Anda mengunggah foto satu persatu di akun Instagram Anda. Pastikan foto yang diunggah sudah benar dan berurutan agar feed tidak terlihat berantakan.

Nah, itu dia cara membuat feed Instagram nyambung dengan Canva. Cara ini cukup mudah dan bisa Anda coba sekarang juga. Sebagian orang terbiasa menggunakan Canva dengan handphone, meski begitu, Anda juga bisa dengan mudah mengeditnya di laptop. Selamat mencoba!