Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja Yang Belum Selesai

Cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai – halo sobat humorbendol, apakah kalian sudah mendengar apa sih Latihan prakerja? Apa saja yang dilakukan ketika kita sedang mengikuti Latihan prakerja ini? Nah, bagaimana cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai?

Di bawah ini kami memberikan informasi mengenai cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Pelatihan Prakerja?

cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang berbentuk bantuan biaya yang diberikan kepada orang yang sedang mencari kerja bisa karena pengangguran, terkena PHK atau bisa juga untuk pekerja yang butuh meningkatkan kompetensinya juga termasuk pelaku usaha kecil.

Syarat Pendaftar Program Pelatihan Prakerja

Warga Negara Indonesia yangb berusia 18 tahun ke atas
Sedang tidak sekolah atau kuliah (Pendidikan formal)
Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
Salam 1 KK maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Melanjutkan Pelatihan Prakerja Yang Belum Selesai

Setelah membahas sedikit informasi mengenai pelatihan prakerja ini, selanjutnya akan kami berikan informasi mengenai cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Nah, berikut ini cara mengakses pelatihan prakerja yang sudah kamu beli pada institusi pelatihan terkait bukan melalui dashboard akun prakerja. Jadi disini anggaplah kamu tidak bisa mengakses pelatihan bukan dari akun prakerjanya.

Jadi untuk mengakses pelatihan yang sudah dibeli, silahkan akses di institusi prakerja yang sudah dibeli. Sobat tinggal masuk ke platform yang tersedia yang sudah dibeli tersebut. Misalkan platformnya adalah “Sekolahmu” maka akseslah di platform tersebut.

cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai

Disini kami memberikan contoh bagaimana cara mengakses ataupun melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai. Perlu diingat bahwa dari platform mana saja caranya tetap sama ya sobat.

Also Read :
Estimasi Pengiriman Adalah? | Ini 5 Contohnya

Biasanya ketika kamu sudah membeli pelatihan prakerja maka akan muncul notifikasi berupa email dari platform yang kamu beli. Notifikasi ini hanya akan muncul di email yang sudah kamu daftarkan saat kamu membelinya di awal. Email yang akan masuk ini ada 2 yaitu email verfikasi email dan pembayaran (no. invoice).

Kemudian silahkan kamu buka email pembayaran tersebut lalu di dalamnya akan muncul semacam tombol yang bertuliskan “Lihat Programmu”. Klik tombol tersebut kemudian kamu akan diarahkan menuju situs platform yang tadi kamu pilih. Kemudian kamu bisa log-in menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan ketika kamu melakukan pembelian. Silahkan kamu masukkan password dan emailnya.

Saat sedang dalam proses masuk biasanya akan loading dan kamu hanya perlu menunggu saja. Ketika sudah masuk maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai

Nah, kami rasa sampai disana sudah cukup jelas. Sobat sekalian sudah bisa mengakses atau melanjutkan pelatihan yang belum selesai.

Sebenarnya sama saja cara melanjutkannya di platform yang lain. Hanya saja mungkin sedikit berbeda. Jika didapati seperti itu kamu langsung ikuti saja instruksinya maka akan ketemu pada halaman program.

Bagaimana sobat, sampai disini saya rasa sudah cukup dan mudah dipahami. Intinya kamu harus masuk akun terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan pelatihan prakerja ini. Mudah Bukan?

Manfaat Mengikuti Pelatihan Prakerja

Jika kamu masih ragu untuk mengikuti program pelatihan prakerja ini, kamu harus membaca manfat yang akan kamu dapatkan dari mengikuti program ini. mari simak ulasannya di bawah ini.

Mendapat Insentif bulanan

Denni Purbasari sang Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana dari Kartu Prakerja ini menyampaikan setiap peserta akan menerima uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang akan dikirimkan berangsur selama empat bulan.

Insentif yang dikatakan itu terdiri dari:

bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000
insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan
insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.

Denni menjelaskan jika Program Kartu Prakerja ini terdapat sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000. Insentif tersebut akan disalurkan via rekening bank atau rekening e-wallet peserta yang sudah didaftarkan di akun Prakerja. Insentif tersebut diharapkan dapat membantu para pencari kerja, guru honorer, buruh, maupun karyawan yang terdampak ekonomi Covid-19.

Also Read :
5 Cara Tag Youtube Agar Banyak Viewers

Tingkatkan peluang karier

Sekolahmu, selaku platform penyelenggara resmi pelatihan Kartu Prakerja mengatakan jika Kartu Prakerja akan memberikan penawaran sertifikasi keahlian yang membuat calon pekerja lebih diprioritaskan di dunia kerja sehingga bisa menaikkan peluang karier para pendaftarnya. Di bawah ini ada 6 keuntungan atau manfaat yang bisa kamu rasakan. Simak ulasannya berikut.

  1. dengan mengikuti program dari kartu prakerja ini maka para calon pekerja atau karyawan akan lebih mampu memakai bahan serta perlatan kerja dengan lebih baik dan juga ekonomis. Kemudian akan meminimalkan resiko kecelakaan dan kerusakan peralatan apabila karyawan sudah terbiasa dan terlatih. Sehingga bisa mengurangi biaya produksi dengan mempekerjakan karyawan bersertifikasi menjadi keuntungan yang bisa dirasakan untuk perusahaan terkait.
  2. karyawan yang sudah terlatih dan bersetifikat akan lebih mampu menunjukkan produktivitasnya yang besar dan kualitas kerjanya pun ga main-main. Untuk karyawan yang memang serius dari awal mengikuti pelatihan prakerja ini maka menjadi keutnungan untuk dirinya sendiri dan perusahaan yang akan menerimanya. Ternyata sangat berpengaruh ya sobat.
  3. setiap perusahaan memiliki standar sehingga tidak sedikit perusahaan yang menuntut kinerja karyawannya lebih tinggi. Karyawan yang cekatan, terampil dan memiliki kinerja yang baik maka akan meningkatkan mutu perusahaan.
  4. dengan sertifikat yang didapat dari program prakerja ini akan membuat perusahaan mem[ertimbangkan lagi yang mana calon karyawan yang lebih membantu perusahaan. Dengan begini kamu memiliki langkah sedikit lebih maju bukan?
  5. Tidak hanya sertifikat, keterampilan yang dimiliki juga menjadi tolak ukur diterimanya calon karyawan. Keahlian yang dimiliki juga bisa mempersingkat proses seleksimu loh sobat.
  6. moral yang baik tentulah menjadi hal yang tidak kalah pentingnya bagi seorang karyawan. Saat karyawan bisa menghargai hal-hal disekitarnya biasanya orang-orang atau pekerja bahkan bos perusahaan akan merasa nyaman berada dilingkungan yang seperti ini.

Nah, itulah informasi yang bisa kami berikan seputar kartu prakerja ini. semoga artikel cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai ini bisa bermanfaat dan membantu sobat sekalian. Untuk informasi lebih lanjut sobat bisa membuka situs resmi mereka Prakerja.

Jika artikel cara melanjutkan pelatihan prakerja yang belum selesai ini bermanfaat sobat bisa mendukung kami dengan share artikel ini kepada teman-teman agar menjadi ilmu yang terus mengalir dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.