Jualan Online di Facebook Agar Laris Manis

5 Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris Manis GRATIS!

Jualan Online di Facebook-Facebook merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia. Jika Anda memiliki usaha, tak ada salahnya untuk menjualnya di Facebook, karena ada banyak cara jualan laris di Facebook yang bisa Anda coba.

Bukan jadi rahasia umum lagi kalau banyak orang yang sukses memasarkan produk mereka di Facebook bermodalkan smartphone. Bahkan karena terlalu nyaman, mereka hanya menjual produk dagangan secara virtual sambil rebahan.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berjualan online di Facebook atau media sosial lainnya. Salah satunya lebih menghemat biaya. Namun masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara jualan online di Facebook agar laris bagi pemula.

Tips dan Cara Jualan Online di Facebook Agar Laris

Jualan Online di Facebook
Jualan Online di Facebook

Jualan online merupakan cara baru yang memberikan kemudahan untuk penjual maupun pembeli. Dengan berbagai macam kemudahan yang ditawaran, tak heran generasi milenial lebih menyukai belanja online ketimbang belanja offline.

Dengan berkembangnya teknologi, cara pandang kita juga harus ikut berkembang. Kalau masih mengikuti cara lama, bisa-bisa Anda ketinggalan jauh dari kompetitor. Jualan online bukan lagi menjadi trend, tapi sudah seperti gaya hidup yang mau tidak mau harus kita ikuti.

Selain situs eCommerce seperti Shopee, Facebook merupakan media jualan online paling efektif yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa cara jualan laris di Facebook yang harus diperhatikan dengan baik.

1. Informasi dan Foto Produk

Informasi dan foto produk adalah hal paling penting ketika berjualan online. Alasannya sederhana, pembeli terlebih dahulu akan melihat foto dan informasi dari produk tersebut sebelum membelinya. Jika informasi dan foto yang Anda pasang menarik, bukan tidak mungkin jualan Anda akan diserbu pembeli.

Adapun informasi produk yang menarik minat pembeli contohnya seperti nama produk, keterangan produk, dan harga produk. Tujuannya agar produk yang Anda tawarkan lebih jelas di mata pembeli.

Dalam dunia digital marketing penulisan informasi mengenai produk yang dijual biasanya disebut dengan copywriting. Ada banyak situs yang menawarkan jasa tersebut, namun kalau ingin gratis, ada banyak contoh di internet yang bisa Anda tiru.

2. Kualitas Produk

Selanjutnya yang tak kalah penting agar jualan laris di Facebook tentu saja kualitas produk. Apapun barang dagangan Anda, kualitas produk harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai konsumen kecewa dengan barang yang kita jual. Karena dampaknya bisa sangat fatal untuk usaha kita.

Bayangkan saja jika ada konsumen yang kecewa terus bilang ke teman-temannya kalau produk yang kita jual berkualitas buruk. Selain kehilangan konsumen, ada kemungkinan konsumen lain enggan membeli produk kita.

3. Interaksi

Cara jualan online di Facebook tanpa modal sebenarnya mudah kalau sebelumnya kita aktif mengunggah status menarik dan lucu yang mengundang interaksi dengan teman Facebook. Dalam dunia marketing, interaksi yang baik juga bisa mengundang konsumen untuk membeli produk kita.

Namun jika sebelumnya Anda datar-datar saja di Facebook, tak banyak melakukan interaksi dengan teman, tak perlu khawatir, karena masih ada cara jualan laris di Facebook berikutnya yang bisa Anda coba.

4. Rajin Promosi

Yaps, promosi. Apapun jenis usahanya pasti bisa berkembang kalau rajin dipromosikan. Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan di Facebook untuk promosi, misalnya grup dan marketplace. Dengan fitur-fitur tersebut, cara memasarkan produk di FB jadi lebih praktis dan tepat sasaran.

Dalam melakukan promosi sebaiknya juga disertai dengan bahan promosi yang berkualitas. Jangan hanya sekedar promosi. Yang ada malah jualan Anda tidak dilirik oleh konsumen.

Promosi yang berkualitas tentunya meliputi foto produk dan informasi yang jelas. Selain itu jika ada interaksi dari konsumen, harus ditanggapi dengan baik dan cepat. Nah, berikut ini trik jualan online agar cepat laku dengan memanfaatkan fitur yang ada di Facebook. ingin lebih detail tentang cara promosi dai facebook baca artikel Cara Promosi bisnis di facebook yang efektif

Tempat Jualan di Facebook Gratis

Selain menggunakan akun Facebook pribadi, Anda juga bisa mempromosikan produk di berbagai fitur yang tersedia di Facebook seperti marketplace, grup, maupun fanspage. Dengan memanfaatkan fitur tersebut Anda bisa mendatangkan timbal balik yang positif untuk produk yang Anda jual.

Semua fitur yang ada di Facebook dapat dinikmati secara gratis, kecuali Facebook Ads yang harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Berikut ini tempat jualan di Facebook yang dapat Anda manfaatkan tanpa biaya.

Jualan di Grup Facebook

jualan di grup facebook
jualan di grup facebook

Anda bisa mengikuti cara jualan laris di Facebook dengan memanfaatkan grup yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Jika anggota grup tersebut satu “aliran” dengan produk yang Anda jual, pastinya akan lebih mudah menggiring mereka untuk membeli atau sekedar melihat-lihat.

Dalam memanfaatkan grup Facebook untuk jualan, perlu diperhatikan juga jumlah anggota dan seberapa sering interaksi yang terjadi di grup tersebut. Jangan memilih grup yang sepi dan tak adanya interaksi berarti antar anggota, karena percuma saja, jualan Anda hanya akan jadi pajangan.

Halaman Facebook

Cara jualan online di facebook tanpa modal berikutnya dengan memanfaatkan fanspage. Anda bisa membuat fanspage yang berhubungan dengan produk Anda secara gratis.

Jelaskan informasi mengenai barang yang Anda tawarkan. Aktifkan juga fitur jam buka dan jam tutup, kalau perlu buat landing page atau website agar terlihat lebih profesional di mata konsumen.

Dan yang terpenting jangan lupa membuat postingan menarik yang mengundang orang untuk mengunjungi halaman jualan Anda. Jika pasar Anda adalah anak muda, buat postingan lucu atau ala-ala shitpost yang saat ini sedang trend di internet.

Fitur Marketplace Facebook

marketplace untuk jualan online di facebook
marketplace untuk jualan online di facebook

Marketplace adalah fitur jual beli yang disediakan Facebook untuk memudahkan pembeli dan penjual memasarkan produk ataupun mencari barang yang diinginkan. Fitur yang dirilis pada tahun 2016 ini dapat menjangkau jutaan pengguna Facebook dari berbagai daerah bahkan negara.

Ada banyak cara jualan di marketplace FB biar laris, salah satunya  dengan memberikan informasi yang jelas mengenai barang yang kita jual. Foto produk juga wajib diperhatikan, usahakan mengupload lebih dari satu foto yang menarik.

Selain itu di marketplace Anda juga dapat membagikan barang jualan ke banyak grup hanya dengan satu kali klik. Lebih mudah dan praktis daripada posting secara manual.

Penutup

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan jualan online. Selain gratis, jualan online di Facebook bagi pemula sangat mudah dilakukan. Siap untuk banjir omset dengan jualan online di Facebook?

Di tengah kondisi yang serba digital saat ini, memanfaatkan media sosial seperti Facebook untuk berjualan dan melakukan promosi produk merupakan tindakan yang tepat. Itulah tips dan cara jualan laris di Facebook yang dapat Anda terapkan.

Leave a Reply