Tutorial 3 Cara File Corel Draw Dapat Dibuka di Semua Versi

Tutorial 3 Cara File Corel Draw Dapat Dibuka di Semua Versi

Banyaknya versi Corel Draw berbeda memastikan pengguna selalu mendapatkan pembaruan fitur-fitur. Di sisi lain, hal ini cukup merepotkan karena sering kali file dokumen tak bisa diakses di versi Corel Draw tertentu. Untungnya ada cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi, Seperti dijelaskan dalam sejarah Corel Draw, software editor ini mengalami perkembangan dari masa ke masa. Versi Corel Draw terbaru meluncur setiap beberapa tahun sekali.

Masing-masing versi Corel Draw membawa pembaruan signifikan. Mulai dari update spesifikasi untuk menyesuaikan perkembangan teknologi komputer; seperti update Corel Draw dengan pilihan 32 bit dan 64 bit. Sampai dengan menghadirkan berbagai fitur dan keunggulan-keunggulan baru.

Banyaknya versi Corel Draw sudah tentu menguntungkan pengguna. Corel Corporation, sebagai pengembang pun terus berupaya menghadirkan pembaharuan sesuai kebutuhan pengguna. Seperti hadirnya Corel Draw Essential 2021 yang semakin mengedepankan fungsi grafis dan vektor.

Selain berbagai keuntungan dan kelebihan dari banyaknya versi tersebut, terdapat kekurangan tersendiri. Salah satunya file dokumen Corel Draw tidak bisa dibuka di semua versi. Hal ini tentu menjadi kekurangan bagi desainer, illustrator, maupun pengguna Corel Draw lain untuk saling berbagi file dokumen.

Untungnya permasalahan ini cukup mudah diatasi. Ada cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi yang bisa dilakukan.

3 Cara File Corel Draw Dapat Dibuka di Semua Versi

Tentu menjengkelkan ketika menerima file dokumen namun tak bisa dibuka di software Corel Draw. Pesan “This file is the version… your version of the program” akan muncul pada jendela dialog; dan tentunya, file dokumen tidak akan bisa dibuka.

Padahal di sisi lain, Corel Draw merupakan salah satu software editor dengan dukungan ekspor dan impor file dari berbagai format berbeda. Bahkan mendukung file dokumen dengan format .AI dari Adobe Illustrator dan .PSD dari Photoshop.

Sayangnya justru file dengan format bawaan Corel Draw, .CDR tidak bisa dibuka di semua versi. Misalnya saja file dokumen dengan format .CDR dari Corel Draw X5 tidak bisa dibuka di versi X7 atau X8. Begitu juga sebaliknya. File Corel Draw format .CDR dari versi X8 pun tak bisa diimport di X5 atau bahkan di bawahnya.

Hal ini tentu saja merepotkan. Pasalnya tidak semua pengguna akan selalu menggunakan Corel Draw versi terbaru. Kekurangan ini juga membatasi saat pengguna ingin saling berkirim file. Maupun bila hendak mengekspor file Corel Draw dari versi tidak sama.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi. Berikut ini merupakan cara-cara diantaranya.

Simpan File Dengan Format CMX

Cara ini merupakan “jalan ninja” agar file Corel Draw bisa dibuka di semua versi. Jangan khawatir, format CMX tetap membuat file dokumen bisa diedit. Sekaligus tidak menghilangkan elemen-elemen desain yang diberikan.

Format .CMX memang lebih banyak digunakan saat mengimpor file dokumen Corel Draw. Alasannya bukan saja file format ini memiliki ukuran lebih ringan dari pada .CDR. Melainkan juga merupakan cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi.

Tutorial mengimport file Corel Draw menjadi format .CMX:

  1. Buka desain di workspace atau lembar kerja Corel Draw.
    Lembar Kerja
  2. Setelah itu klik ikon Save di Menu Bar; bisa juga menggunakan Shortcut CorelDraw Ctrl + Shift + S untuk option Save As.
    Save as
  3. Akan muncul jendela dialog baru untuk menyimpan file.
    Saving
  4. Isi nama file dokumen di File name: sesuai yang dibutuhkan.
  5. Pada pilihan menu drop down Save as type:, pilih format CMX – Corel Presentation Exchange.
    CMX File
  6. Kemudian klik tombol Save.
    Save Button 1
  7. File pun akan tersimpan.

Setelah itu coba buka file di Corel Draw versi berbeda. File dokumen tidak akan ada kesulitan untuk bisa dibuka atau diekspor.

Simpan File Corel Draw Dengan Format PDF

Selain CMX, cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi ialah dengan menyimpan di format PDF.

Sedikit berbeda dengan versi CMX, dimana meskipun file dokumen akan dapat terbuka namun muncul peringatan elemen tidak mendukung. Format PDF hampir selalu bisa dibuka tanpa masalah. Hanya saja ukuran file PDF tidak berukuran lebih kecil dari pada format CMX maupun CDR.

Keuntungan lain dari file format ini juga mudah untuk dikirim. Terutama bila perlu mengirim file Corel Draw melalui email. Maka mengimpor dengan format PDF akan menjadi pilihan terbaik.

Di bawah ini merupakan cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi dengan menyimpan di format PDF.

  1. Buka desain di workspace atau lembar kerja Corel Draw.
    Lembar Kerja
  2. Setelah itu klik ikon Save di Menu Bar; bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + Shift + S untuk option Save As.
    Save as
  3. Cara lain dengan mengklik ikon Export maupun shortcut Ctrl + E untuk pilihan Export.
    Export 1
  4. Akan muncul jendela dialog baru untuk menyimpan file.
    Saving
  5. Isi nama file dokumen di File name: sesuai yang dibutuhkan.
  6. Pada pilihan menu drop down Save as type:, pilih format PDF.
    PDFX
  7. Kemudian klik tombol Save.
    Save Button PDF
  8. File pun akan tersimpan.

Untuk memastikan file agar bisa dibuka namun tidak bisa di-edit, bisa dengan menggunakan cara:

  1. Cari file dokumen yang tersimpan, baik itu dengan format PDF maupun CMX di folder.
  2. Klik kanan pada file dan pilih Properties.
    Properties 1
  3. Centang pada pilihan Read-only.
    Centang pilihan Read only
  4. Sehingga file hanya akan bisa diimport atau dibuka. Namun tidak akan bisa di-edit.
  5. Saat file sudah terbuka dan ingin menyimpan, maka file baru akan tersimpan.
  6. Sehingga file awal tidak berubah.

Menggunakan Website Convert Online

Kedua cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi di atas bisa dilakukan bila mengimpor sendiri. Namun bagaimana bila mendapatkan file Corel Draw dari sumber lain namun tidak bisa dibuka di versi yang dimiliki? Sedangkan tentunya kita tidak bisa mengimpor file tersebut.

Untuk permasalahan di atas bisa menggunakan berbagai website convert. Pada website convert, format file akan diubah dari CDR menjadi PDF maupun CMX. Sehingga nantinya file akan bisa dibuka di semua versi Corel Draw.

Beberapa website yang bisa digunakan untuk convert file dari CDR ke PDF atau CMX diantaranya:

Cara menggunakan website convert tersebut kurang lebih sama. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama upload file dokumen terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih format PDF atau CMX yang digunakan.
  3. Lalu download file.

Setelah itu file dokumen sudah bisa langsung diekspor di Corel Draw.

Memastikan file bisa diekspor atau dibuka di semua versi Corel Draw akan penting. Menggunakan file dokumen dengan format PDF atau CMX menjadi pilihan terbaik daripada mengimport di CDR.

Semoga cara file Corel Draw dapat dibuka di semua versi di atas berguna bagi kalian. Selamat mencoba untuk mengatasi permasalahan file tidak bisa dibuka, ya!