Bisnis Eco Racing Penipu? Apakah Benar?

Bisnis Eco Racing Penipu – halo sobat Humorbendol, apakah kalian kenal dengan bisnis Eco Racing? Bisnis Eco Racing ini berasal dari PT. BEST dari kota hujan, Bandung. Nah, banyak pemberitaan yang tidak baik belakangan ini mengenai Bisnis Eco Racing ini adalah penipuan. Lalu apakah benar jika perusahaan ini memberikan penipuan kepada para konsumennya?

Nah, untuk mencari tau informasinya mari simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Eco Racing?

bisnis eco racing penipuan
Source : finance.detik.com

Eco Racing adalah produk penghemat BBM dari PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi. Produk Eco Racing ini bisa kamu gunakan pada semua jenis mesin kendaraan menggunakan bahan bakar seperti solat atau bensin seperti genset, bus, truk, mobil dan motor.

BEST ini sempat viral pada tahun 2017 karena PT ini menawarkan peluang usaha yang sepertinya cukup menguntungkan dengan konsep Multi Level Marketing. Perusahaan ini hadir membawa sebuah produk yang bisa membantu mengehemat BBM.

Perusahaan yang satu ini masuk dalam entitas perusahaan yang tidak memiliki izin usaha pada Mei 2018 lalu mengenai pemasaran produk dan penawaran investasi oleh Satgas Waspada Investasi. Mengapa? Karena hal tersebut dinilai sangat berpengaruh terhadap kerugian masyarakat karena hasil dari keuntungan yang didapatkan sangat tidak masuk akal.

Lalu, pada Oktober 2019 Satgas Waspada Investasi memberikan pengumuman jika 4 entitas tersebut akhirnya telah mendapatkan izin usaha yang mana salah satunya PT. BEST ini. Perusahaan ini dikatakan sudah mendapat izin untuk melakukan jula beli produk dengan sistem multi level marketing ini.

Bisnis Eco Racing Penipu?

Banyak diantara para penggemar Eco Racing ini meminta peniliti untuk meniliti dan menulusuri kebenaran yang terjadi. Banyak sekali masyarakat yang bertanya-tanya apakah benar bisis Eco Racing penipu.

Nah, di bawah ini Humorbendol akan memberikan informasi mengenai apakah kebenaran dan fakta yang terjadi sebenarnya mengenai Eco Racing ini.

Kami membaca dan mendapatkan informasi dari laman website NU Indonesia yang mana ada orang yang meminta mereka untuk meriset masalah ini. Mereka kemudian memberikan dokumen pemasaran dari perusahaan mereka. Kemudian terdapat di setiap halaman gambar logo perusahaan dengan tulisan BEST yang sangat besar.

Also Read :
Mau Buka Angkringan?? Ini Rekomendasi Menu Angkringan , Pasti Laris!

Lalu , ada penjelasan yang menjelaskan kepanjangan BEST yang berarti PT Bandung Eco Sinergi Teknologi. Nah, di dalamnya mereka menjelaskan jika perusahaan tersebut bergerak di bidang  perdagangan dan jasa. Mereka juga memiliki slogan bertuliskan “Go Berkah No Riba.”

Menjadi Member PT BEST

Nah, untuk menjadi member PT BEST ini mereka memiliki 5 keanggotaan. Nah, mari simak informasinya di bawah ini.

Basic 1.500.000, mendapatkan 8 Box produk
Sub Agen 4.500.000, mendapatkan 24 Box produk
Agen 10.500.000, mendapatkan 56 Box produk
Master Agen 22.500.000, mendapatkan 120 Box produk
Stokis 46.500.000, mendapatkan 240 Box produk
Fasilitas yang didapatkan
Lisensi Keanggotaan
Flipchart/Katalog Produk
Keagenan Funpay
Virtual Officer
Workshop & Training
Diskon harga produk

Eco Racing Memenuhi illat Keharaman

Yang terjadi pada Eco Racing sudah memenuhi beberapa illat keharaman yang dapat dijelaskan seperti di bawah ini:

  1. barang atau aset yang diperjual belikan adalah produk yang susah untuk dipasarkan sehingga pihak PT tersebut melakukan langkah rekayasa keuangan yang dikenal dengan istilah financial enginering dengan alasan investasi dengan sistem jaringan atau penjualan produk yang dikenal dengan istilah network marketting. Bukti penguatnya yaitu produk yang mereka buat itu tidak mampu dijual dipasaran secara umum.
  2. Karena harus melalui sistem jaringan (network marketing) pemasaran produk yang mereka buat, nah, dari sanalah perusahaan tersebut menjanjikan komisi yang dibuat seolah-olah tidak terlihat oleh perusahaan sebagai diskon dan bonus dan juga biaya lisensi. Padahal uang yang ada tersebut asalnya dari member yang membayar dan bukan dari perusahaan terkait.
  3. Produk yang keluarkan perusahaan tersebut susah menjanjikan keuntungan untuk pihak yang telah bergabung menjadi member Karena produk sulit dipasarkan/dijual tersebut. Bukti penguatnya yaitu mereka sangat semangat mempromosikan kepada orang-orang untuk bergabung kedalam keanggotaan mereka. Anehnya mereka bukan promosi barang melainkan promosi member.
  4. Fokus anggotanya menjadi teralihkan karena mereka susah untuk menjual produk mereka tersebut supaya mereka bisa mendapat keuntungan. Pada usaha mereka, untuk mencari anggota referral yang lain supaya bisa lebih banyak mendapat keuntungan sehingga mereka menjadi lalai dari pekerjaan utama yaitu menjual produk yang sudah mereka jual.
  5. Dampak akhir yang bisa kamu terima dengan bergabungnya kamu sebagai member yaitu kebanyakan produk tersebut hanya laku terjual kepada sesame anggotanya saja. Terdapat bukti yaitu tidak pernah ditemukan masyarakat yang antre untuk mendapatkan Eco Racing ini. padahal perusahaan ini sudah ,menawarkan penghematan yang besar loh sobat, yaitu besin 50%, dan Eco Diesel 30%.
  6. Berikutnya ada skema piramida. Nah, hal ini karena setiap member terus menerus mencari anggota baru yang dikenal dengan istilah member get member. Nah, hal inilah yang kemudian akan membentu sebuah piramida dimulai dari puncaknya bagian yang paling kecil (sponsor) kemudian bagian yang bawah diiringi anggota yang terus menerus mencari anggota baru.
  7. Anggota kemudian akan mendapatkan passive income yang diterima dari para anggota baru yang mereka cari. Karena sistem mereka ini seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu skema piramida.
  8. Rasio bagi hasil berupa bonus memiliki sifat cenderung tinggi dan tetap. Telah menjadi sebuah kepastian yang sangat mustahil jika bonus yang bisa dikatakan penghasilan tersebut datangnya dari perusahaan. Bukti nyatanya yaitu hasil kalkulasi bonus yang lumayan yang kemudian akan dibagikan ketika satu anggota mendapatkan anggota baru.
  9. Produk tersebut susah dijual atau laku dipasaran saat member terakhir tidak dapat mencari anggota baru lagi.
Also Read :
PASTI LAKU! 15 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 500 ,1000 dan 2000 an

Kesimpulan Hukum

Berdasarkan analisis kesimpulan apa yang sudah dijelaskan dalam situs resmi NU maka hukumnya dinyatakan sebagai berikut:

  • Secara nyata perusahaan PT BEST selaku payung hukum Eco Racing telah memainkan praktik skema piramida, akar utama dari skema ponzi.
  • Mendorong kepada pihak Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat untuk menelaah kembali pada Keputusan Fatwa tentang Marketing PT BEST Nomor Keputusan 389/DP-P.XII/I/2019. Alasannya, pihak PT BEST tidak berlaku sebagaimana lampiran fatwa dimaksud.

Nah, di atas adalah informasi mengenai Bisnis Eco Racing Penipu ataukah tidak. Teman-teman bisa melihat dan membacanya sendiri yang kemudian disimpulkan pada kesimpulan hukum di atas. Bagi teman-teman yang suka dengan bisnis yang menjanjikan keuntungan-keuntungan yang tidak masuk akal ini sebaiknya berhati-hati.

Karena tidak menutup kemungkinan bisnis-bisnis seperti ini hanya memberikan janji palsu yang kemudian menipu banyak orang. Betapa ruginya seseorang ketika ditipu oleh sesuatu yang masih kurang jelas keasliannya. Bagaimana menurutmu sobat?

Nah, itulah tadi informasi dalam artikel Bisnis Eco Racing Penipu ini. semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan membantu teman-teman sekalian. Ingat untuk selalu berhati-hati ya sobat.