Apakah Indodax Penipu? Cek Faktanya di Sini

Apakah Indodax Penipu? Cek Faktanya di Sini

Kali ini, kami akan menyuguhkan artikel yang mengulas apakah Indodax penipu. Platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia ini santer terdengar sebagai ‘tipu-tipu’ di sebagian penggunanya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkapnya, ikuti terus ulusan artikel berikut ini.

Perkembangan Bitcoin yang kian terlihat di 10 tahun terakhir ini membuat banyak orang tertarik memilikinya. Dan, Indodax menjadi salah satu marketplace Bitcoin yang telah banyak dipilih penggunanya.

Namun, di sisi lain masih banyak pengguna yang meragukan kredibilitas Indodax. Mereka pun bertanya-tanya apakah Indodax penipu.

Nah, jika Anda tertarik dengan trading Bitcoin, penting untuk menyimak terlebih dahulu apakah Indodax penipu. Mengingat, di Indodax adalah salah satu ‘wadah’ yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi Bitcoin.

Apakah Indodax Penipu?

Ketahuilah, Indonesia Digital Asset Exchange atau yang lebih dikenal dengan Indodax sebelumnya bernama Bitcoin Indonesia. Kini, Indodax menjadi trading platform cryptocurremcy yang populer di Indonesia.

Kepopulerannya ini dibuktikan dengan keberadaan lebih dari 1,9 juta member Indodax terverifikasi. Sebagai pionir dalam  trading Bitcoin di Indonesia, Indodax hadir dalam versi aplikasi mobile maupun website. Ini menjadi salah satu kelebihan Indodac sehingga banyak orang dapat dengan mudah menggunakan dan mengoperasikannya.

Secara resmi, Indodax di bawah naungan PT Indodax Nasional Indonesia telah terdaftar di Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai calon pedagang Fisik Aset Kripto sebagaimana yang tertuang dalam Pengumuman NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202. Nah, jika Anda masih mempertanyakan apakah Indodax penipu, hal itu bisa menjadi bukti bahwa aplikasi trading Bitcoin ini bukanlah tipu-tipu.

Untuk diketahui, Indodax juga telah memilki beberapa jumlah mata uang digital yang dapat Anda transaksikan melalui aplikasi yang tersedia. Kurang lebih 18 jenis kripto telah masuk daftar Indodax. Adapun mata uang digital yang paling populer diperdagangkan adalah Bitcoin.

Menariknya, pembuatan akun VIP Indodax tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Tidak heran jika banyak peminat trading kripto memilih Indodax sebagai pilihan utama dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Masih ragu dengan kredibilitas Indodax? Mungkin Anda harus mencobanya langsung dengan melakukan pendaftaran sebagai member Indodax agar bisa menilai lebih jauh.

Cara Trading Kripto di Indodax

Sekali lagi kami tekankan bahwa Indodax bukanlah tipu-tipu. Anda bisa melakukan trading kripto di Indodax dengan aman karena aplikasi ini telah terdaftar di Bappebti. Nah, jika Anda tertarik melakukan trading kripto di Indodax, berikut kami jelaskan langkah-langkahnya.

1. Registrasi dan Verifikasi

Sebelum Anda melakukan jual beli kripto di Indodax, Anda harus memiliki akun dan terdaftar sebagai member di Indodax.  Anda bisa langsung mengunjungi website indodax.com, lalu klik ‘Daftar’.

Langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data diri pada kolom yang tersedia seperti username, email dan password. Ini akan menjadi data penting Anda saat menggunakan akun Indodax nantinya.

Apabila proses registrasi sudah berhasil, Anda harus melakukan proses KYC (Know Your Customer). Pada tahap ini, akan diverifikasi apakah data Anda valid atau tidak. Proses ini juga sangat berguna sebagai antisipasi adanya penipuan atau akun fiktif.

Pada proses KYC, Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP beserta foto pribadi Anda. Pastinya lebih aman dan terpercaya, bukan. Dalam kurun waktu 1 x 24 jam akun Anda akan diverifikasi, dengan catatan semua dokumen yang diminta telah Anda penuhi.

2. Deposit Rupiah

Ketika Anda sudah memiliki akun Indodax, itu artinya Anda sudah bisa mulai membeli Bitcoin dengan mata uang rupiah.  Nah, jangan lupa untuk melakukan deposit sebelum melakukan pembelian.

Transaksi jual beli pun sangat fleksibel. Pada setiap proses exchange, Anda bisa melakukan pembayaran baik dengan menggunakan kartu kredit maupun e-wallet. Anda juga bisa kok melakukan pembayaran melalui rekening bank.

Untuk diketahui, proses deposit, pada umumnya, memakan waktu setidaknya 1 hari untuk dapat diverifikasi oleh exchange. Namun, tidak jarang proses ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 24 jam.

3. Pembelian Bitcoin

Membeli Bitcoin di Indodax bisa dilakukan dengan cara instan atau limit. Apa itu instan? Apa itu limit?

Instan merupakan sebutan untuk proses membeli Bitcoin dengan harga yang sudah ada di marketplace saat ini.  Sedangkan untuk limit, Anda bisa sesuka hati menentukan sendiri pembelian Bitcoin di harga berapa. Singkat kata, Anda bisa menentukan kisaran harga yang Anda inginkan sendiri.

Apakah Indodax Penipu Cek Faktanya di Sini

Jika tertarik dengan metode instan, Anda bisa langsung memilih market atau instan. Lalu, masukkan nominal tertentu untuk melakukan pembelian Bitcoin. Klik calculate atau klik hitung untuk mendapatkan estimasi Bitcoin yang dapat Anda beli.

Jika Anda tertarik dengan metode limit, Anda bisa memulainya dengan memasukkan sejumlah angka rupiah yang akan Anda belikan Bitcoin, jangan lupa untuk memasukkan harga Bitcoin yang Anda inginkan ya! Selanjutnya klik beli Bitcoin. Mudah bukan?

4. Jual Bitcoin

Sama halnya dengan membeli Bitcoin, ketika Anda memutuskan untuk menjual Bitcoin maka Anda disarankan menggunakan dua metode di atas yakni, instan atau limit.

Menjual Bitcoin secara instan di Indodax bisa Anda lakukan dengan tingkat harga yang telah tersedia di  marketplace. Sebaliknya, secara limit Anda bisa membuat tingkat harga sendiri dalam menjual Bitcoin yang Anda miliki.

Pilih market atau instan jika Anda sudah yakin akan menjual dengan metode ini. Selanjutnya, klik jual Bitcoin. Bitcoin Anda akan langsung terjual.

Dengan memilih metode instan, Anda akan menjadi market taker. Anda akan mendapatkan keuntungan dengan tidak perlu menunggu lama Bitcoin Anda terjual.

Pilihan metode limit pun patut dipertimbangkan. Di sini, Anda bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang akan dijual beserta tingkat harga jual Bitcoin sesuai keinginan Anda. Kemudian, klik jual Bitcoin.

Nah, dengan metode ini, Anda akan menjadi market maker. Anda akan mendapat keuntungan dengan tidak dikenakan biaya tambahan. Namun, Anda harus bersabar agar Bitcoin Anda dapat terjual hingga Bitcoin tersebut mencapai harga yang telah Anda pasang.

Terapkan penjualan Bitcoin dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan cuan yang banyak.

5. Withdraw

Setelah melakukan jual beli Bitcoin, Anda pastinya sudah tidak sabar untuk melakukan penarikan saldo rupiah, kan? Tenang, withdraw atau penarikan saldo rupiah Anda bisa langsung dicairkan melalui rekening bank lho.

Anda hanya perlu masuk pada menu ‘finansial’ lalu klik ‘rupiah’. Lanjutkan dengan memilih ‘withdraw’ atau ‘penarikan’. Masukkan sejumlah nominal yang ingin Anda tarik dan terakhir pilih bank tujuan dan nomor rekeningnya.

Untuk menepis anggapan apakah Indodax penipu, pastikan Anda menggunakan rekening yang sama dengan yang terdaftar pada akun Indodax. Ya, hal ini bisa meminimalisir anggapan penipuan karena uang yang Anda tarik betul-betul akan masuk ke ‘kantong’ rekening Anda.

Itulah pembahasan tentang apakah Indodax penipu. Kita dapat menyimpulkan bahwa Indodax adalah aplikasi legal yang dapat Anda gunakan dengan aman untuk trading kripto atau Bitcoin. Jadi, buang jauh-jauh anggapan yang tidak benar terkait Indodax ya!