Apa Itu ShopKeeper? | 7 Tugas Shopkeeper

Apa Itu ShopKeeper – Halo sobat Humorbendol, apakah kalian sudah pernah mendengar istilah ShopKeeper? Lalu shopkeeper ini pekerjaan yang seperti apa sih? Apa pengertian, tugas dan bagaimana tanggung jawabnya?

Nah, di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai apa itu Shopkeeper mulai dari pengertian hingga tanggung jawabnya. Mari simak ulasannya di bawah ini. Shop Keeper atau

Apa Itu ShopKeeper?

apa itu shopkeeper
Source : edition.mv

Shopkeeper dalam Bahasa Inggris memiliki arti pemilik atau penjaga toko. Penjaga toko adalah seorang pegawai yang memiliki tugas utama yaitu menjaga toko atau kedai. Penjaga toko memiliki berbagai macam tugas dan juga tanggung jawab yang sama beratnya dengan pekerja lainnya.

Toko sendiri adalah sebuah tempat berjualan yang menyediakan berbagai macam barang dagangan atau berbagai macam produk. Sudah pasti tempat inilah yang menjadi pertemuan antara pembeli dan penjual yang mana mereka melakukan transaksi jual beli. Toko itu sendiri menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang akan dijual yang mana disana pemilik toko bisa memajang berbagai macam produk. Misalkan toko tersebut adalah toko klontong maka barang yang dipajang seperti susu, gula, beras, air mineral, dan sebagainya. Biasanya pemilik toko memiliki caranya sendiri untuk menata barang-barang tersebut sesuai dengan jenisnya sehingga toko terlihat rapi dan barang menjadi lebih muda untuk dicari.

Apakah kamu tahu sobat, ternyata penampilan seperti warna toko dan kerapian biasanya akan menarik pembeli lebih banyak. Itulah mengapa alasannya toko-toko besar sangat rapi dan ramai pengunjung. Kemudian biasanya pemilik toko akan mencari Shopkeeper untuk menjaga toko miliknya agar proses jual beli bisa terlaksana.

Nah, disini ShopKeeper memiliki jobdesk yang harus dikerjakan sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan dari sang pemilik toko. Shopkeeper ini adalah salah satu kunci utama yang bisa mempengaruhi minat pembeli. Mengapa? Karena biasanya sifat penjaga toko ini akan menjadi sorotan utama pembeli, ramah atau tidak sehingga bisa menimbulkan kenyamanan dan kesenangan saat berbelanja di toko tersebut.

Also Read :
7 Tempat Yang Cocok Untuk Jualan Gorengan Nggak Pernah Sepi!

Tugas dan Tanggung Jawab

apa itu shopkeeper
Source : liverpoolecho.co.uk

Jika yang kmai jelaskan di atas adalah pengertian dan beberapa informasi lainnya, di bawah ini terdapat tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para penjaga toko. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Menyambut Konsumen yang Datang

Hal pertama yang kadang suka disepelekan oleh para shopkeeper yang sudah bekerja lama di tokonya biasanya melupakan hal yang satu ini. menyambut konsumen seperti memberikan salam dengan kata yang pas dan enak di dengar biasanya konsumen akan merasa nyaman sekaligus menjadi sentuhan awal bagi pembeli.

Sambutan yang ramah, sopan dan disertai senyuman akan membuat para pembeli merasa dihargai kehadirannya. Oleh karena itu hal ini biasanya sering terlawatkan oleh beberapa Shopkeeper. Selanjutnya keramahan di perlukan saat pembeli mencoba bertanya beberapa barang yang akan dibeli maka jawablah dengan sopan.

  1. Memberikan Informasi Promosi

Tugas yang kedua yaitu memberikan informasi mengenai promo promo yang berlaku di toko. Misalkan ada promo beras atau minyak hendaklah kiranya penjaga toko memberikan informasi agar pembeli bisa memilih dan memungkinkan membeli hal lain yang pada saat itu tidak ingin dibeli.

Tentulah cara yang satu ini merupakan cara yang efektif untuk membuat pembeli membeli lebih banyak barang pada tokomu. Bukan hanya informasi seputar promo saja, informasi penting lainnya juga sebisa mungkin konsumen mengerti saat berbelanja. Hal ini memang salah satu tugas penting

  1. Melayani Konsumen Melalui Telepon

Berikutnya yaitu melayani konsumen melalui panggilan telepon. Tidak semua toko memakai telepon untuk proses jual belinya, namun ada juga yang menggunakan alat ini sebagai tempat agar memudahkan pembeli dengan memesan lewat telepon meskipun tidak bisa datang ke toko.

Dengan telepon ini biasanya pembeli akan memesan yang kemudian pesanan akan diantarkan langsung menuju alamat yang diberikan oleh konsumen tersebut. Nah, jika sudah begini tentu memudahkan para pembelinya bukan? Apalagi jika toko sedang ramai, dengan memesan melalui panggilan telepon justru tidak akan membuat antrian menjadi panjang dan pembeli tidak menunggu terlalu lama.

  1. Memberikan Pelayanan Maksimal

Bersikap baik, bijak, sopan, cepat tanggap, memberikan respon yang baik adalah salah satu bentuk pelayanan shopkeeper kepada penjaga toko. Untuk mempertahankan pembeli menjadi pelanggan tetap di toko haruslah dipertahankan sikap seperti ini.

Also Read :
BINGUNG IDE Bisnis? Coba 7 Daftar Bisnis Gorengan Yang Laris Modal Kecil

Jika yang tadi melalui telepon, nah yang satu ini tatap muka secara langsung. Seperti apa yang sudah disampaikan di atas penjaga toko haruslah paham dan mengerti apa-apa saja isi toko. Jadi saat pelanggan bertanya penjaga toko bisa menjawabnya.

Seperti istilah yang sering dikatakan oleh orang jaman dulu, pembeli adalah raja. Jadi semaksimal mungkin harus memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen. Apakah kamu setuju?

  1. Menjaga Keamanan dan Kebersihan Toko

Berikutnya ada menjaga keamana dan kebersihan toko. Jika pada toko tersebut sudah terdapat security yang membantu mengamankan toko, shopkeeper hanya membantu mengamankan sisi lain seperti stok barang dan semacamnya.

Jika dalam toko tersebut tidak terdapat security maka semua pegawai baik penjaga toko harus ikut andil mengamankan toko. Selain mengamankan toko, menjaga kebersihan juga sangat perlu karena kebersihan adalah factor utama pembeli tertarik. Jika toko kotor, maka siapa yang akan tertarik dengan toko kita?

Bukannya datang malah pembeli akan menghindari toko-toko yang seperti ini. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman jadi betapa pentingnya menjaga toko tetap bersih meskipun kita bukan pemilik ataupun officee boy di toko tersebut.

Maka dari itu keamanan di toko merupakan hal yang harus di perhatikan dan di perhitungkan oleh pemilik toko termasuk satu hal yang bisa di bebankan kepada penjaga toko sebagai Tugas dan

6. Menjawab Pertanyaan Konsumen

Shopkeer harus cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan konsumen. Kenapa? Agar pembeli tidak menunggu lama dan tidak bingung denga napa yang ditanyakan. Maka, dengan begitu toko yang kmau jaga akan terkesan berkualitas denga napa yang disajikan dan diberikan oleh penjaga toko ataupun pegawai yang lain.

Sebisa mungkin shopkeeper menjawab agar tidak menimbulkan kebingungan yang berkepanjangan.

  1. Menerima Informasi

Kadang sebagai shopkeeper akan ada informasi atau surat – surat penting yang dikirimkan ke toko dengan berbagai kepentingan mengenai toko, penjual dan semacamnya.

Nah, ini adalah hal yang sangat penting. Karena pemilik toko tidak akan selalu berada di toko. Hal-hal yang penting seperti ini biasanya akan disampaikan kepada tangan kadang. Nah, dengan begitu tidak akan bertele-tele pekerjaan toko dan semacamnya.

Nah, itulah informasi mengenai apa itu shopkeeper mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan berguna untuk teman-teman semua. Jika apa yang kami sampaikan ini dirasa membantu teman sekalian silahkan sharing ke teman-teman supaya bisa membantu menambah ilmu pengetahuan.