Apa Itu Marketer? | Pengertian, Tugas dan Lain-lain

Apa itu marketer – Untuk orang-orang yang sudah lama bekerja di dunia bisnis pemasaran tentulah sangat familiar dengan isitilah marketer. Untuk orang-orang awam mungkin masih banyak yang belum tahu sebenarnya apa itu marketer?

Marketer adalah sebuah istilah yang dipakai dalam dunia bisnis yang memiliki arti setiap orang atau kelompok yang melakukan kegiatan pembuatan, komunikasi serta pertukaran terhadap nilai suatu barang ataupun jasa kepada para konsumen ataupun klien.

Nah, di bawah ini kami memberikan informasi mengenai apa itu marketer mulai dari pengertian, tugas, kelebihan bahkan kekurangan sebagai seorang marketer. Untuk penjelasan lebih lanjut mari simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Marketer?

apa itu marketer
Source : binakarir.com

Seperti yang sudah disampaikan di atas marketer dalam artian panjang adalah sebuah istilah yang dipakai dalam dunia bisnis yang memiliki arti setiap orang atau kelompok yang melakukan kegiatan pembuatan, komunikasi serta pertukaran terhadap nilai suatu barang ataupun jasa kepada para konsumen ataupun klien.

Bila penjelasannya disederhanakan yaitu marketer bisa juga diartikan orang yang melakukan kegiatan marketing. Tugas dari marketer ini sebenarnya banyak mulai dari membantu proses pemasaran produk supaya barang yang dijual akan laku atau membuat para konsumen tertarik dan membelinya. Marketer sendiri pasti mempunyai target yang diberikan perusahaan sebagai bentuk tugas dan tugas ini ternyata tidak mudah loh teman.

Marketer juga memiliki tugas yang bervariasi, bisa juga nyambi menjadi seorang admin atau penulis konten olshop yang  memasarkan produknya secara online. Jika dilihat dari tugas-tugasnya berarti seorang marketer harus memiliki koneksi yang luas agar produk bisa lebih mudah disebar luaskan. Kemudian marketer juga harus memiliki ide atau pemikiran yanh kreatif karena jika sang marketer mempromosikan tugasnya di internet, marketer harus bisa dan pandai menulis dengan ide-ide pikiran yang bisa menarik konsumen.

Bentuk kegiatan marketing ini berupa interaksi secara langsung kepada konsumen dengan memasarkan produk yang dijual secara langsung. Selain itu juga ada kegiatan yang dipromosikan melalui olshop, tv, internet dan masih banyak lagi. jika tidak ada kegiatan marketing ini maka perusahaan akan gagal mencapai target penjualan sehingga bisa mengalami gagal atau bangkrut.

Also Read :
10 Profil Wirausahawan Sukses Beserta Fotonya Yang Menginspirasi

Sampai disini apakah teman sekalian sudah paham apa itu marketer? Jika belum di bawah ini ada penjelasan mengenai tugas-tugas marketer perusahaan secara terperinci. Mari simak ulasannya berikut.

Tugas Marketer Perusahaan

apa itu marketer
Source : buzzup.id

Marketer biasanya sangat aktif dalam dunia digital yang mana tugas utamanya adalah menjual dan memasarkan produk, mendapatkan konsumen, mempromosikan produk dan brand awareness dengan barang dan jasa yang ditawarkan.

Kemudian ada lagi tugas marketer yang tidak kalah penting yaitu mengelola media digital yang perusahaan punya yang kemudian digunakan untuk mempromosikan barang dan jasanya. Adapaun media digital yang dimaksud seperti di bawah ini:

Website Marketing

Website marketing merupakan laman web yang dimiliki oleh perusahaan supaya marketer bisa mendatangkan banyak visitor. Mereka bisa memberikan semacam pemikiran kepada calon kostumer berupa tampilan, navigasi, desain, copywriting dan landing page untuk bisa membuat pengunjung situs web tertarik dengan apa yang sudah dituliskan.

SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization bisa memberikan peluang untuk marketer supaya bisa membawa banyak pengunjung ke dalam website yang dibuat. SEO ini sendiri bertujuan supaya laman yang dibuat mudah naik ke peringkat pertama pada pencarian di Google

SEM (Search Engine Marketing)

berikutnya ada Search Engine Marketing yang mana cara agar mudah muncul pada peringkat atas google  bisa mendapatkan banyak visitor dan calon konsumen. Nantinya sistem inilah yang mengahruskan marketer membayar pada Google Ads yang biasanya biaya akan dihitung sekali klik. Nah, satu klik ini dimisalkan memiliki harga tertentu dan pastinya bervariasi dari yang murah sampai yang mahal semuanya menyesuaikan saja.

SMM (Social Media Marketing)

banyak yang berpendapat jika sistem yang satu ini adalah salah satu strategi karena bisa membangun brand awareness produk dan jasa yang nantinya mereka jual (pasarkan). Disini pun tidak tjauh beda, semakin tinggi traffic maka akan semakin tinggi pula ads yang didapat.

Mengelola Display Advertiser

berikutnya ada istilah yang dikenal dengan Display Advertiser. Display Advertiser bertujuan supaya bisa menarik perhatian pengunjung terhadap barang yang ditawarkan.

Strategi Funneling Marketing

Berikutnya untuk yang terakhir yaitu seorang marketer mempunyai tugas membuat strategi funneling suatu marketing. Jika SEO, SEM, dan SMM bertujuan untuk menarik visitor sebanyak-banyaknya (lead generation) maka ada yang namanya Teknik Interest, Decision, dan Action.

Also Read :
12 Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar (SD) Mudah Dibuat!

Kelebihan Marketer

  • Marketer tidak membutuhkan modal
  • Tidak melakukan stok barang karena marketer ada di bagian pemasaran saja
  • Bisa bekerja dari rumah
  • Mendapat keuntungan bersih (tidak dipotong)
  • Tidak perlu repot-repot memikirkan jika barang belum habis terjual
  • Menjual produk tanpa memikirkan gaji karyawan dan proses produksi
  • Tidak perlu mengemas produk yang dijual

Kekurangan Marketer

  • Harus berhati-hati saat memilih produsen
  • Memilih produsen yang dapat memberikan kepastian
  • Menentukan produsen untuk memberikan bayaran hak penghasilannya.

Jadi, Apa Itu Marketer?

Marketer adalah sebuah istilah yang dipakai dalam dunia bisnis yang memiliki arti setiap orang atau kelompok yang melakukan kegiatan pembuatan, komunikasi serta pertukaran terhadap nilai suatu barang ataupun jasa kepada para konsumen ataupun klien.

Marketer ini memiliki tugas yang bervariasi, bisa juga nyambi menjadi seorang admin atau penulis konten olshop yang  memasarkan produknya secara online. Jika dilihat dari tugas-tugasnya berarti seorang marketer harus memiliki koneksi yang luas agar produk bisa lebih mudah disebar luaskan. Kemudian marketer juga harus memiliki ide atau pemikiran yanh kreatif karena jika sang marketer mempromosikan tugasnya di internet, marketer harus bisa dan pandai menulis dengan ide-ide pikiran yang bisa menarik konsumen.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai apa itu marketer mulai dari pengertian sampai dengan kesimpulannya. Setelah membaca artikel di atas apakah teman sekalian tertarik menjadi seorang marketer? Apakah tugas-tugas yang akan dijalankan terasa susah atau berat?

Semuanya kembali lagi pada diri sendiri. Jika kita memiliki koneksi yang luas untuk memasarkan produk yang kita jual maka seharusnya akan lebih mudah membuat produk laris terjual. Dalam hal-hal seperti ini kita juga harus pandai memilah milih mana produsen yang bagus dan kita juga harus memiliki ide-ide yang kreatif agar nantinya konsumen atau calon pembeli tertarik denga napa yang kita tawarkan. Jika membaca kelebihan dan kekurangannya memang mungkin akan membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan Tindakan untuk perusahaan kita.

Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel apa itu marketer bisa bermanfaat dan berguna untuk teman-teman semua. Apabila ada kekurangan dari apa yang kami sampaikan di atas sudihlah kiranya memberikan kritik dan saran yang membangun agar bisa menjadi acuan dan pembelajaran. Share ke teman ataupun keluarga jika artikel ini bermanfaat.