Apa Itu Insights Instagram dan Bagaimana Cara Penggunaannya

menggunakan instagram untuk berbisnis? Jika iya, maka kamu wajib tahu fitur keren yang bernama insights instagram ini. Fitur ini sangat berguna untuk memonitor perkembangan akun instagram yang kamu miliki.

Untuk menggunakan fitur insights instagram ini kamu harus mengganti jenis akun instagram kamu dari akun personal menjadi akun bisnis. Dengan begitu, kamu akan bisa memaksimalkan fitur ini untuk mengatur strategi posting konten baik feed atau story serta mengevaluasinya.

apa itu insights instagram dan bagaimana cara penggunaannya
Apa Itu Insights Instagram dan Bagaimana Cara Penggunaannya

Fitur keren ini akan membantu kamu dengan menampilkan data yang sangat komplit terakit dengan performa akun instagram kamu. Data yang akan ditampilkan meliputi informasi profil sampai dengan jangkau konten yang sudah kamu posting. 

Apa Itu Insights Instagram?

Insights instagram adalah alat analisa bawaan yang sudah disediakan oleh instagram secara default, sehingga ini adalah fasilitas gratis atau cuma-cuma. Fasilitas ini hanya tersedia pada akun bisnis, dan tidak tersedia di akun personal.

Apa saja yang akan kamu lihat di menu layanan ini? Kamu akan disuguhkan beberapa data terkait dengan konten, interaksi, serta demografi dari followers yang sudah mengikuti akun instagram kamu. Informasi ini sangat penting, karena bisa membantu kamu untuk mengukur performa dari strategi marketing yang sedang kamu jalankan.

Cara Penggunaan Fitur Insights Instagram

Secara default, penggunaan tools ini cukup simpel jika dibandingkan dengan tools dari google, yaitu Google Analytics. Sebab, fitur ini sudah tergabung menjadi satu di dalam aplikasi instagram, sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuka link baru.

Cara mengakses fitur ini pun juga sangat mudah. Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan, yaitu;

Pertama, kamu bisa membuka terlebih dulu profile instagram milikmu. Lalu pilihlah ikon yang berbentuk garis-garis yang ada di pojok kanan atas menu, lalu pilih menu insight. Cara ini akan membuka keseluruhan halaman insight.

Kedua, kamu juga bisa mengakses fitur insights ini melalui setiap postingan konten yang ada di feed instagram kamu. Buka saja konten yang kamu inginkan, lalu pilihlah menu View Insight yang ada di bawah foto konten. Cara ini akan memberikan informasi detail terkait performa dari postingan yang kamu buka tersebut.

Ketiga, tidak hanya di postingan saja yang bisa kamu lihat performanya. Story-pun juga bisa kamu lihat performanya melalui fitur insight ini. Caranya hampir sama dengan cara kedua, buka saja story yang sudah kamu unggah, kemudian klik Seen by. Maka kamu akan melihat analisanya secara keseluruhan dari story tersebut.

Gunakan semua cara tersebut, karena semua cara itu penting untuk melihat performa keseluruhan dari akun instagram kamu. Kamu bisa mengetahui konten apa yang paling disukai followersmu di feed, story apa yang mengundang banyak interaksi, dan masih banyak lagi data yang bisa kamu gali lewat fitur insight instagram ini.

Cara Membaca Data yang Disajikan oleh Insights Instagram

Jika kamu sudah tahu cara mengakses fitur super keren ini, saatnya kamu menyiapkan diri untuk bisa membaca data yang disajikan agar kamu bisa mengevaluasi perjalanan akun instagram kamu dengan lebih komprehensif.

Mungkin ketika baru pertama mengakses fitur ini, kamu akan sedikit merasa kebingungan dengan banyaknya angka, grafik dan juga data-data tambahan lainnya. Tapi jika kamu mau belajar, maka kamu akan menyadari bahwa data yang disajikan tersebut ternyata tidaklajh serumit yang dibayangkan.

Kita langsung bedah saya ya ! Saat kamu membuka menu insight instagram, maka kamu akan menemukan tigas tabs penting, yaitu Aktivitas (Aktivity), Konten (Cintent), dan Pemirsa (Audience). Setiap tab berisi dengan data-data spesifik dengan masing-masing keperluan yang berbeda pula.

  1. Aktivitas

Di dalam menu ini, kamu akan menemukan 2 sub menu lagi, yaitu Interaksi dan Penelusuran. Di dalam sub menu interaksi ini kamu akan disuguhkan dengan data berupa berapa kali followers melakukan interaksi pada akun instagram kamu selama satu pekan.

Pada sub menu Interaksi, kamu bisa mengeksplore lebih banyak lagi parameter yang lain, yang diantaranya adalah;

  • Call, yang menunjukkan seberapa sering pengguna menekan tombol Call yang ditampilkan pada profil akun instagram milikmu.
  • Comments, menunjukkan jumlah komentar secara keseluruhan pada semua postinganmu yang diberikan oleh pengguna
  • Email, menunjukan seberapa sering email kamu di klik pengguna
  • Likes, menunjukkan seberapa banyak like yang kamu dapatkan
  • Profile Visits, memberikan informasi seberapa banyak pengguna yang mengunjungi atau melihat halaman beranda profilmu
  • Website Clicks, memberikan informasi terkait berapa kali link yang ada di profile tersebut diakses oleh pengunjung

Dari sekian banyak data yang disajikan, kamu bisa menggunakannya untuk mengevaluasi terkait dengan engagement dari sebuah akun selama minimal sepekan terakhir. Misalnya, kamu bisa mengevaluasi kenapa engagement di hari Senin lebih tinggi dari hari yang lain.

Lalu, pada sub menu penelusuran, kamu bisa melihat performa keseluruhan dalam satu pekan dalam bentuk data jangkauan dan impresi. Fungsinya untuk apa? Untuk melihat persentase rasio antara jumlah pengunjung dengan jumlah impresinya.

  • Reach (Jangkauan) menggambarkan jumlah total dari pengunjung yang melihat konten feed mu. Setiap orang hanya dihitung satu kali, walaupun dia melihat foto atau video yang sama berulang kali.
  • Sedangkan Impresi (Impression) akan menghitung berapa kali konten tersebut dilihat oleh pengunjung. Jika pengguna A melihat konten mu seratus kali, maka akan dilaporkan seratus kali juga.

Jika konten mu menarik, maka impresinya juga akan tinggi. Sehingga konten tersebut akan dilihat berkali-kali bahkan oleh orang yang sama. namun jika kontenmu kurang menarik, maka impresinya juga akan sedikit. Dari sini kamu bisa menggunakan data ini untuk mengevaluasi jenis konten yang paling diminati oleh pengunjung.

  1. Konten

Pada menu ini, akan ditampilkan jumlah postingan dalam sepekan. Terlihat juga perbandingan dengan jumlah postingan pada pekan sebelumnya. Di sini kamu akan menemukan 3 sub menu penting, yaitu Feed Posts, Stories, dan Promotions.

  • Sub menu Feed Posts, akan menunjukkan insight dari konten sejak awal kamu mengubah akun personal menjadi bisnis. Kamu bisa melihat data dalam rentang selama 2 tahun ke belakang. Kamu bisa mengurutkan mulai dari postingan dengan performa terbaik sampai yang terburuk.
  • Sub menu Stories, kurang lebih sama dengan dengan sub menu Feed Posts. Bedanya adalah data yang bisa ditampilkan hanya berlaku untuk waktu maksimal 14 hari ke selakang.
  • Sub menu Promotions, berfungsi untuk melihat performa dari¬† konten yang kamu iklankan secara berbayar. Di sini kamu mengevaluasi seberapa efektif iklan yang kamu jalankan, sehingga kamu bisa mengatur untuk budgeting iklan selanjutnya.
  1. Pemirsa

Di menu terakhir ini, kamu bisa melihat pertumbuhan pengunjung akun mu setiap pekan.Kamu juga bisa melihat demografinya, baik kota maupun negara asal mereka. Data gender pun juga bisa kamu lihat di sini. Dan terakhir, kamu juga bisa tahu kapan waktu paling efektif untuk posting konten di akun instagram kamu.

Berbekal semua data yang disajikan oleh insights instagram ini, maka kamu bisa memaksimalkan konten yang hendak kamu posting. Kamu bisa mengevaluasi secara berkala, strategi apa yang paling cocok untuk mengembangkan akun instagram tersebut.

Also Read :
10+ Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan