8 Jenis Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Terbaru

8 Jenis Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Terbaru

Membuka usaha yang jarang tapi dibutuhkan banyak orang termasuk ide yang brilian. Ya, dengan melakukan itu, Anda tidak akan menemukan banyak kompetitor sehingga tantangan dalam membuka usaha sedikit berkurang.

Menyaingi kompetitor yang sudah lama membuka usahanya bukanlah pekerjaan sulit. Terlebih jika kompetitor itu berjumlah banyak. Di sisi lain, Anda masih berstatus sebagai ‘pengusaha pemula’ yang minim strategi.

Oleh karenanya, Anda sebaiknya membuka usaha yang tidak banyak diketahui calon-calon pengusaha namun sangat dibutuhkan banyak orang. Dijamin deh, cara ini akan memberikan cuan melimpah, terlebih jika Anda serius menjalankannya.

Jenis Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Terbaru

Di bawah ini, kami bagikan sejumlah jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan banyak orang terbaru. Anda bisa memilih salah satu atau (jika berani) beberapa di antaranya untuk dijalankan secara serius. Yuk kita intip satu per satu!

1. Jualan Makanan Sehat

Jualan Makanan Sehat

Di masa pandemi ini, banyak orang yang menyadari pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Selain dapat meningkatkan imun tubuh melalui gizi yang terkandung di dalamnya, masyakat juga makin menyadari kalau makanan sehat dapat meningkatkan peluang hidup lebih lama.

Berangkat dari fenomena itu, Anda bisa lho memulai usaha jualan makanan sehat. Baik itu berupa kue, makanan ringan, catering dan lainnya. Tentunya, bahan yang digunakan harus dari bahan baku organik yang menyehatkan, tanpa dicampuri bahan kimia.

2. Membuka Rumah Makan Khas Negara Lain

Memang, ada pengusaha kuliner yang membuka rumah makan khas negara lain di Indonesia, namun tidak banyak. Di sisi lain, peminat kuliner khas negara lain di Indonesia terus meningkat. Nah, usaha yang jarang tapi dibutuhkan banyak orang ini bisa Anda jadikan ide brilian untuk meraup cuan.

Anda bisa menyediakan kuliner khas dari negara tertentu, seperti Korea, Jepang, China, Arab Saudi, Turki atau lainnya. Dijamin deh bakal laku keras, apalagi lokasi rumah makan yang Anda bangun berada di tempat strategis.

Untuk diketahui, belakangan ini makanan khas Korea dan Jepang menjadi ‘primadona’ masyarakat Indonesia, terutama dari kalangan milenial. Ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuka usaha rumah makanan khas negara lain.

3. Jualan di Truck Portable

Di sejumlah negara di luar Indonesia, jualan di truck portable sudah tidak menjadi sesuatu yang baru lagi, terutama food truck. Sudah pernah belum dengar istilah food truck?

Food truck adalah usaha jualan makanan dengan menggunakan truk atau mobil besar untuk mengangkut semua barang-barang yang diperlukan. Food truck membuka ‘lapaknya’ di pinggir jalan.

Di sejumlah kota besar Indonesia, food truck memang sudah ada, namun pelaku usahanya tidaklah banyak. Sedikitnya kompetitor ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha tersebut sesegara mungkin sebelum menjadi populer. Kalau sudah populer, sudah pasti, hal itu akan berpengaruh terhadap kompetitor yang makin meningkat.

Oh ya, jualan di truck portable tidak saja untuk makanan lho, melainkan juga barang-barang lainnya seperti pakaian, aksesoris, boneka hingga tanaman hias. Jika ingin memulai usaha ini, carilah tempat yang strategis seperti kawasan kampus dan wisata.

4. Sewa Kamera, Drone dan Action Cam

Saat ini, beberapa alat yang menghasilkan konten visual seperti foto dan video tengah dibutuhkan banyak orang. Beberapa alat yang dimaksud antara lain kamera, drone dan action cam.

Namun, kebanyakan orang masih belum memiliki peralatan-peralatan itu karena faktor harga yang tinggi. Nah, berangkat dari fenomena itu, Anda semestinya bisa menjadikannya sebagai ide bisnis. Anda bisa lho membuka jasa sewa alat-alat untuk menghasilkan konten visual sebagaimana disebutkan di atas.

Sebagai tips, penyewaan kamera, dkk bisa dilakukan dengan sistem bayar per hari, minggu dan bulan, tergantung dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, pastikan Anda membuat aturan dan perjanjian yang dapat memberikan keamanan terutama pada barang-barang yang Anda sewakan.

5. Jasa Pembuatan dan Editing Konten

Jasa Pembuatan dan Editing Konten

Seperti diketahui, pengguna internet dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan. Fenomena ini dijadikan sebagian orang untuk meraup keuntungan dengan memanfaatkannya.

Muncullah YouTuber yang bisa ‘meng-uang-kan’ konten videonya. Di sisi lain, tidak sedikit website bisnis yang ditujukan untuk mendongkrak angka penjualan.

Menyikapi kemajuan teknologi semacam itu, Anda seharusnya bisa menangkap adanya peluang usaha yang menjanjikan, yakni membuka jasa pembuatan dan editing konten video dan artikel.

Ya, tidak sedikit YouTuber yang tidak memiliki banyak waktu atau bahkan kurang mumpuni dalam hal editing video, sehingga menyerahkan pekerjaan itu ke jasa profesional. Di sisi lain, banyak juga pemilik website bisnis dari berbagai perusahaan yang membutuhkan pembuatan konten artikel yang cepat, SEO dan mampu memikat pengunjung sehingga menjadi pelanggan loyal.

Nah, jika Anda memiliki keahlian sebagaimana disebutkan di atas, yuk langsung saja terjun ke usaha itu. Anda bisa kok memulainya dengan menjadi freelancer di sejumlah situs freelance terkenal di Indonesia.

6. Jasa Percetakan 3 Dimensi

Jasa Percetakan 3 Dimensi

Di era serba teknologi ini, kebutuhan print 3 dimensi mulai diincar banyak orang. Namun, masih jarang pengusaha yang membuka jasa print atau percetakan 3 dimensi karena alat yang mahal.

Jika Anda memiliki cukup bujet, tidak ada salahnya untuk memulai usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini. Beberapa layanan yang bisa Anda tawarkan di antaranya pembuatan arsitektur bangunan, dekorasi rumah dan lain sebagainya.

Memang bujet yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Akan tetapi, jika Anda serius dalam menjalankan usaha ini, dijamin deh bakal ada banyak pelanggan yang menyerbu tempat usaha Anda.

7. Jualan Aneka Keperluan Pertanian Hidroponik

Salah satu ‘kebiasaan’ baru yang muncul di era pandemi ini adalah melakukan pertanian hidroponik di lahan terbatas. Beragam sayuran menjadi tanaman yang paling umum ditanam secara hidroponik.

Kebiasaan baru ini kebanyakan dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Alasannya, mereka terlalu bosan berdiam diri di rumah karena dampak pandemi yang tidak kunjung berkesudahan ini.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, usaha jualan aneka keperluan pertanian hidroponik merupakan ide yang brilian. Anda bisa menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam sistem pertanian hidroponik seperti bibit tanaman, pupuk dan peralatan-peralatan tertentu yang digunakan.

Oh ya, Anda bisa lho menawarkan usaha ini secara online, di samping juga menyediakan lapak secara offline. Mengingat sasaran utamanya adalah masyarakat perkotaan yang sangat mungkin sudah melek teknologi.

8. Jualan Produk Daur Ulang

Jualan Produk Daur Ulang

Terakhir, jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan adalah jualan produk daur ulang. Ya, jenis usaha ini memang masih sedikit yang menggelutinya, namun ketahuilah saat ini banyak orang yang tertarik terhadap produk-produk daur ulang dengan alasan peduli lingkungan.

Tentunya, jika Anda ingin memulai usaha ini, kreativitas adalah modal terpenting yang harus Anda miliki. Adapun modal uang yang dibutuhkan tidak banyak lho. Sebab, Anda bisa memanfaatkan sampah rumah tangga seperti aneka botol, plastik kopi, plastik detergen dan lainnya.

Nah, produk-produk daur ulang yang bisa Anda buat di antaranya: pot bunga cantik, tas belanja, lampu hias dan lainnya. Produk-produk seperti itu bisa Anda tawarkan untuk suvenir pernikahan lho.

Itulah delapan jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan terbaru. Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk memulai usaha.