8 Cara Bermain Binance Future bagi Pemula

+GAMBAR! 8 Cara Bermain Binance Future bagi Pemula

Cara bermain Binance Future sangat penting Anda ketahui, terutama bagi pemula yang baru saja terjun di dunia trading. Sebelum lanjut, pastikan Anda sudah membaca artikel tentang pengertian Binance Future terlebih dulu di sini ya.

Futures menjadi salah satu jasa yang trader pertimbangkan saat memilih platform coin exchange. Pasalnya, tidak semua platform menawarkan jasa trading  kontrak berjangka karena sebagian besar investor cenderung memilih trading spot. Kendati demikian, trading kontrak bisa menjadi salah satu pengaman atau hedging dari suatu kondisi pasar spot lho.

Bicara soal platform trading kontrak, Binance adalah salah satu pilihan platform yang tergolong besar di dunia dilihat dari volume tradingnya. Maka dari itu, kita akan membahas bagaimana cara bermain Binance Future bagi pemula pada artikel ini. Ingin tahu seperti apa langkah-langkahnya? Simak terus ya.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula

1.      Login ke Akun Binance Anda

Sebelum mulai cara bermain Binance Future, pastikan Anda sudah memiliki akun dulu di Binance. Jika belum, silahkan ikuti cara daftar Binance di sini. Perhatikan cara verifikasi identitas untuk tingkat basic, intermediate, atau advanced.

Jika sudah berhasil registrasi dan verifikasi, silahkan login atau masuk ke akun Anda, bisa langsung di aplikasi maupun situs Binance untuk mulai transaksi kontrak futures Bitcoin.

2.      Deposit Dana

Sudah berhasil login ke akun Binance Anda? Jika iya, pastikan akun Anda sudah terisi saldonya ya. Sebab, jika belum ada saldo dana, maka tidak bisa mulai transaksi. Silahkan deposit dulu dengan nominal yang Anda tentukan sendiri. Jika belum tahu caranya silahkan baca cara deposit di Binance dengan mudah dan cepat

Ada beberapa cara deposit yaitu melalui platform lokal maupun kartu kredit atau debit. Ingat, tidak ada minimum saldo deposit. Jadi, Anda bisa deposit sesuai keinginan dan ketersediaan dana.

3.      Masuk Kolom Futures

Cara bermain Binance Future selanjutnya yaitu masuk ke kolom Futures. Caranya, klik tulisan “Futures” yang ada di menu bagian bawah. Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ya.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula1

Dari menu tersebut, nanti Binance akan memberikan pertanyaan yang intinya memastikan trader sudah memahami kontrak futures dan cara transaksinya. Silahkan jawab semua pertanyaan tersebut dengan sebenar-benarnya. Jika sudah, Anda bisa lanjut melakukan transaksi kontrak futures.

4.      Pilih Jenis Kontrak Futures dan Transfer Dana

Binance memiliki dua jenis kontrak futures yang bisa Anda pilih untuk ditransaksikan yaitu USDT-M dan COIN-M. Sebenarnya, tidak ada perbedaan nilai dari kedua kontrak tersebut, sehingga trader dapat memilih yang paling cocok. USDT-M dilakukan dengan Dolar Amerika, sementara COIN-M dengan aset atau koin sesuai kesepakatan kontrak.

Cara memilihnya, silahkan klik salah satu tulisan USDS-M atau COIN-M seperti pada gambar berikut.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula2

Jika sudah menentukan jenis kontrak futures, trader bisa langsung transfer ke dompet yang dituju yaitu USD-M atau COIN-M. Caranya, klik Wallets yang terdapat di sudut kanan bawah. Lalu, klik tulisan Spot dan klik transfer.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula2 2Cara Bermain Binance Future bagi Pemula2 3

 

5.      Pilih Aset dari Kontrak Futures

Setelah transfer berhasil, Anda dapat memilih jenis aset yang akan mendasari future contract pilihan dengan klik tulisan seperti yang tertera pada gambar berikut. Dalam panduan ini, aset yang dipilih yaitu Bitcoin (BTC) dengan jenis kontrak USDT, sehingga nama kontraknya menjadi BTCUSDT.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula3

6.      Tentukan Jenis Margin

Binance memberikan dua pilihan margin atau leverage yaitu cross margin dan isolated margin. Cross margin memungkinkan trader menyebar margin ke beberapa posisi, sementara isolated margin berfokus pada satu posisi. Selain jumlah margin yang tersedia, perbedaan lainnya terletak pada tingkat suku bunga.

  • Untuk menentukan jenis margin, silahkan klik tulisan yang ada di gambar berikut.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula4

  • Jika sudah, pilih Cross atau Isolated. Lalu, klik Confirm.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula4 1

  • Setelah itu, Anda dapat memilih tingkat rasio leverage yang akan digunakan pada kolom ini.Cara Bermain Binance Future bagi Pemula4 2
  • Nantinya, akan keluar pilihan rasio dengan peringatan resikonya.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula4 3

7.      Membuka Posisi

Cara bermain Binance Future berikutnya yaitu menentukan posisi yang ingin dibuka. Terlebih dulu, tentukan Anda ingin membuka posisi jual atau beli.

  • Misalnya, Anda hendak membuka posisi beli. Maka, klik tulisan seperti gambar berikut.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula5

  • Setelah itu, pilih salah satu dari 5 jenis transaksinya di Binance. Baca ini untuk memahami masing-masing jenis transaksinya ya.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula5 2Cara Bermain Binance Future bagi Pemula5 3

 

  • Jika sudah, pilih harga pembukaan posisi apabila Anda tidak menggunakan transaksi market dan jumlah asetnya.
  • Tetapkan pula take profit, stop loss, dan jenis transaksi. Jika menggunakan transaksi market, langsung pilih Post Only. Selain itu, klik reduce only, apabila posisi yang akan dibuka ingin mengurangi posisi lainnya.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemul5 4

  • Silahkan klik Buy/Long atau Sell/Short jika semuanya sudah yakin benar.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemul5 5

8.      Menutup Posisi

Terakhir, tutup posisi jika Anda sudah puas dengan profit yang diperoleh. Caranya, klik Close Position seperti gambar berikut.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula6

Maka, akan tampil peringatan konfirmasi untuk close position. Silahkan klik Confirm jika sudah benar ya. Selesai.

Cara Bermain Binance Future bagi Pemula6 2

Nah, itulah cara bermain Binance Future bagi pemula. Mudah, bukan? Pelajari lebih dalam lagi mengenai teknik trading contract future biar tidak salah langkah dan lebih profit.