Pusing Banyak Hutang ? Ini 7 Cara Jitu Melunasi Hutang tapi Tidak Punya Uang!

By | June 7, 2020
Melunasi utang tapi tidak punya uang

Cara Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang – Hutang ialah sesuatu berupa uang ataupun barang yang diperlukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan duniawi. Hutang menjadi sebuah kewajiban ekonomi setiap individu yang terkadang bisa menjadi sebuah malapetaka jika menyepelekan kehadirannya. Hutang memang harus di lunasi segera sebelum membuat hidupmu semakin sengsara. 

Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang memang membuat kamu mabuk kepayang. Cara Melunasi Hutang pun kamu telusuri di berbagai hasil pencarian seperti mencari pinjaman kemana mana, kamu yang ingin mencari pinjaman tanpa riba baca artikel berikut : Pinjaman Uang Tanpa Riba. Akan tetapi, Semua cara yang dilakukan belum membuahkan hasil yang sepadan.

Melunasi Hutang dalam islam hukumnya wajib. Apabila hutang tersebut dibayar maka akan masuk surga dan jika tidak kamu harus bersiap menanggung siksa api neraka. Akan tetapi, terkadang sebagai manusia lebih mengutamakan urusan lain yang sebenarnya tidak penting daripada membayar hutang. Seperti : Kamu mendapat uang dari suami tapi uang yang seharusnya membayar utang kamu pakai untuk membeli barang yang tetangga tawarkan. 

Namun, Untuk kamu yang benar-tidak punya uang dan Harus Segera Melunasi Hutang. Simak,

7 Cara Jitu Melunasi Hutang tapi Tidak Punya Uang :

1. Posisikan Dirimu Terlebih Dahulu

Cara Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang yang pertama ialah Kita harus mengetahui posisi kita saat ini, coba kamu sedikit merenung tentang kedua pertanyaan dibawah ini. Manakah yang sesuai pada posisi-mu???

A. Apakah Kamu mengalami Pemutusan Hubungan Kerja?

B. Apakah Kamu Mempunyai Uang Terbatas dan Lebih Mengutamakan Kebutuhan Sandang Pangan?

Coba pikirkan kedua hal di atas, yang manakah yang sesuai dengan posisi-mu? Terutama untuk kamu yang sedang dililit hutang. Jika keduanya kamu iyakan, Maka :

A. Jika kamu tengah mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. Akan tetapi, kamu memiliki tanggungan alias hutang. Maka satu hal yang bisa kamu andalkan hanya ” Tabungan.” 

Kamu bisa memilihnya dengan :

  • Pertaruhkan berapapun jumlah tabungan-mu untuk memulai usaha kecil atau 
  • Mengeluarkan uang tabungan-mu dengan tetap membayar utang yang kamu miliki. Keduanya memang cukup baik dan berimbang jika kamu bisa mengelola finansial secara merata.

B. Untuk kamu yang memiliki uang tapi dalam jumlah terbatas dan Mengutamakan Membeli Sejumlah Kebutuhan Pangan. Maka Sebaiknya yang kamu lakukan ialah :

” Kurangi Porsi Dalam Berbelanja Kebutuhan Pangan”. Perlu kamu garis bawahi, maksud dalam arti kalimat di atas ialah : Kamu boleh berbelanja kebutuhan sandang pangan apapun dan semau-mu tetapi kamu harus tahu dimana batas porsinya. Misalnya : Saat kamu membutuhkan beras selama 2 bulan ke depan maka kamu bisa membelinya sekitar 2 karung beras jangan lebih maupun kurang. Dengan cara itu, kamu lebih memposisikan diri-mu agar bisa membayar hutang.

Jika anda perhatikan baik-baik cara di atas dengan seksama. Maka Cara Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang Akan berhasil ketika kamu praktekkan di rumah secara sungguh-sungguh, Sehingga kamu bisa melunasi hutang berapapun jumlahnya.

2.  Jual Aset Berharga yang Kamu Punya

Cara Melunasi hutang tetapi tidak punya uang berikutnya ialah Menjual Aset Berharga yang Kamu Punya. Contohnya ialah : Emas. Jika kamu tidak memiliki uang tunai dan mempunyai hutang yang mencekik. Tidak ada salahnya, kamu menjual aset yang kamu punya. 

Hutang itu bisa berupa : Cicilan Rumah, Cicilan Pinjaman Online, Cicilan Motor/Mobil yang semuanya sudah jatuh tempo. Tetapi, Uang untuk melunasi hutang itu semuanya kosong tanpa ada yang tersisa. Kamu bisa segera langsung memulai cara ampuh kedua ini sebagai senjata penolong untuk melunasi semua hutang-hutangmu.

3. Mencari Penghasilan Tambahan Sebelum Hutang Jatuh Tempo.

Cara ketiga yang bisa kamu coba ialah ; Kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk membayar hutang-hutang-mu sebelum hutang itu jatuh tempo. Contoh penghasilan tambahan yang bisa membantu-mu dalam posisi genting ialah :

  • Menjadi Driver Ojek Online.
  • Mencoba membuka usaha rumahan.
  • Mendaftarkan dirimu pada setiap aplikasi freelance sesuai dengan keahlian-mu.
  • Menjadi Guru Les/Guru Mengaji yang Sesuai dengan keahlian-mu.
  • Menjadi Dropshipper.

4. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup dengan menghemat akan membantu kamu yang ingin melunasi hutang tetapi tidak punya uang, seperti : Menggunakan Listrik Seperlunya dengan Mematikan Sejumlah Lampu dikamar yang tidak terpakai, Menghemat Bensin Kendaraan Ronda Dua Maupun Roda Empat dengan Menggunakannya hanya untuk pergi ke tempat kerja dan Tidak perlu membeli pulsa atau kuota data secara terus menerus.

Dengan cara ini percayalah, Semakin mengubah gaya hidup-mu menjadi irit maka kamu tidak akan lagi terhimpit oleh hutang yang membuat hidup-mu semakin terjepit.

5. Jangan Pernah Gali Lubang Tutup Lubang

Ketika kamu memiliki hutang dan tidak punya uang untuk melunasinya. Pastinya kondisi ini membuat anda semakin terjepit sehingga mau tidak mau anda melakukan ” Gali Lubang Tutup Lubang”. Maksud dari Istilah ini ialah Kamu Melunasi Hutang dengan Cara Kamu Berhutang Lagi dengan Nominal yang Cukup Banyak Sehingga Hutang Sebelumnya bisa kamu lunasi, Tetapi menumbuhkan hutang baru yang sebenarnya malah membuat penderitaan semakin bertambah.

Untuk Melunasi Hutang sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini. Saat kamu melakukan ” Gali Lubang Tutup Lubang”, Maka percayalah bahwa bukannya terbebas dari jeratan hutang, kamu malah terjebak dalam kondisi yang sama.

6. Melakukan Relaksasi

Cara Melunasi hutang tetapi tidak punya uang yang keenam ialah Kamu Perlu Melakukan Relaksasi. Relaksasi adalah pelonggaran atau kebebasan berupa jangka waktu yang di percepat, pengurangan cicilan kredit yang ditujukan untuk meringankan setiap custumer atau nasabah. Kamu bisa lakukan cara ini dengan mengendurkan total cicilan kredit untuk melunasi hutang-hutang yang selalu berjalan setiap bulannya.

7. Membaca Dzikir Agar diberikan Rezeki Lebih Untuk Melunasi Hutang

Setelah Cara 1 sampai 6 telah dilakukan namun tak kunjung mendapatkan pencerahan. Cara Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang yang Terakhir dan Bisa Kamu lakukan yaitu : Dengan Membaca Dzikir agar diberikan rezeki lebih untuk melunasi hutang. 

Sebagai umat manusia tentunya kita membutuhkan sang pencipta untuk membantu menghadapi setiap permasalahan hidup yang sedang menimpa. Salah satunya ketika kita ingin melunasi hutang tetapi sama sekali tidak memiliki uang.

Berikut dibawah ini Dzikir Untuk Melunasi Hutang :

hahah
Dzikir Untuk Melunasi Hutang

Untuk Melunasi Hutang Tetapi Tidak Mempunyai Uang Memang sangat pusing ketika dijalankan. Apalagi, jika memiliki tanggungan yang begitu banyak. Kita sebagai manusia pun harus cermat dan melakukan strategi yang tepat untuk melakukan pencatatan finansial keuangan agar tidak terlilit hutang bahkan hutang yang kita miliki semakin berkurang.

Kesimpulan Cara Melunasi Hutang

Melunasi hutang bukanlah perkara yang sulit selagi kita bisa cermat saat bertindak. Jangan pernah menunda untuk membayar hutang saat kita bisa melunasinya saat itu juga, membayar hutang hukumnya WAJIB.Semoga artikel yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk para pembaca terutama yang sedang terlilit hutang.