CEPAT! 6 Langkah Cara Withdraw di Binance

CEPAT! 6 Langkah Cara Withdraw di Binance

Cara withdraw di Binance harus Anda ketahui setelah mendapatkan profit dan ingin menikmati keuntungannya. Apalagi jika ada kebutuhan khusus yang menyudutkan Anda untuk segera melakukan penarikan dana.

Setiap platform coin exchange pasti memiliki cara penarikan dana yang berbeda-beda, termasuk Binance. Nah, setelah berhasil profit trading di Binance, kali ini, penulis akan membagikan bagaimana cara withdraw di Binance Anda. Baca ini terlebih dulu, jika baru mulai bergabung di Binance ya.

Ilustrasi cara withdraw di Binance berikut memakai BNB (BEP2) untuk transfer kripto dari akun Binance Anda ke platform atau dompet diluar Binance.

1.      Buka Dompet Binance (Wallet)

Cara Withdraw Binance Coin

Cara withdraw di Binance pertama yaitu dengan login ke akun Binance Anda terlebih dulu. Jika sudah, klik [Wallet] yang ada di bagian atas samping kanan. Lalu, pilih [Overview].

2.      Pilih Withdraw

Nah, Anda sudah berada di menu Overview Wallet akun Binance Anda. Cara withdraw di Binance berikutnya yaitu klik [Withdraw].

Cara withdraw Binance2

3.      Pilih Mata Uang

Di dalam akun Binance Anda, tentunya ada banyak mata uang kripto atau mungkin hanya satu jenis saja. Silahkan pilih jenis mata uang yang akan Anda tarik. Berikut tutorialnya.

  • Pada sub menu dari Withdraw, akan muncul dua pilihan yaitu Crypto dan Fiat, silahkan klik [Crypto].

Cara withdraw Binance3

  • Lalu, akan muncul pilihan mata uang kripto yang akan Anda tarik. Silahkan pilih jenis koinnya, misalnya kita akan withdraw BNB. Maka, klik BNB seperti gambar berikut.

Cara withdraw Binance4 3 2

  • Namun, jika Anda ingin menarik dengan Rupiah, silahkan pilih IDRT seperti gambar berikut. Untuk mendapatkan dana IDRT, Anda bisa bertransaksi di pasar spot untuk membeli koin IDRT dengan koin yang Anda punya.

Cara withdraw Binance4 3 3

4.      Tentukan Network

Cara withdraw di Binance berikutnya dengan menentukan network. Saat melakukan penarikan BNB, maka Anda bisa memilih BEP2 (Binance Chain) maupun BEP20 (Binance Smart Chain). Anda juga bisa melihat berapa biaya network untuk jenis transaksi ini. Pastikan bahwa jenis network yang Anda pilih sesuai dengan alamatnya untuk menghindari kesalahan saat penarikan. Perhatikan contohnya pada gambar berikut.

Cara withdraw Binance5

5.      Tulis Alamat Tujuan dan Jumlah Dana

Di sini, akan penulis jelaskan cara withdraw di Binance ke alamat penerima utama maupun menambahkan alamat penerima lainnya.

a. Jika sudah menentukan network, silahkan masukkan alamat penerima atau pilih dari buku daftar alamat Anda.

Cara withdraw Binance6

b. Bagaimana jika ingin menambahkan alamat penerima? Caranya gampang. Silahkan klik [Address Book], lalu [Address Management].

Cara withdraw Binance6 1 Cara withdraw Binance66

c. Setelah itu, klik [Add Withdrawal Address].

Cara withdraw Binance6 1

d. Silahkan pilih lagi jenis koin dan network yang akan digunakan. Lalu, masukkan wallet label, address, dan MEMO.

Cara withdraw Binance6 2

  • Wallet label adalah nama yang Anda berikan untuk alamat penerima sebagai referensi sendiri.
  • Kolom MEMO ini opsional, boleh Anda isi maupun tidak sesuai keperluan. Misalnya, untuk mengirim dana ke akun Binance atau platform exchange lainnya, Anda memerlukan MEMO. Namun, untuk mengirim dana ke alamat wallet terpercaya, tidak harus pakai MEMO.
  • Pastikan untuk double-check apabila MEMO diperlukan atau tidak. Sebab, jika ternyata MEMO diperlukan namun gagal menambahkan, maka ada kemungkinan dana gagal terkirim.
  • Catat bahwa beberapa platform dan wallet menjadikan MEMO sebagai Tag atau Payment ID.
  • Anda dapat menambahkan alamat terbaru ke dalam whitelist dengan menghidupkan [Whitelist]. Ketika fungsi ini hidup, maka akun Anda bisa otomatis withdraw ke alamat dalam whitelist.

Cara withdraw Binance6 3

e. Masukkan jumlah dana yang akan Anda tarik. Secara otomatis, akan tampil juga biaya transaksi dan total dana akhir yang akan Anda terima setelah dikurangi fee tersebut. Jika sudah sesuai semuanya, klik [Withdraw] untuk mulai proses.

Cara withdraw Binance6 4

f. Sementara, untuk tampilan withdraw IDRT seperti berikut. Pada kolom address, silahkan lengkapi alamat rekening platform lokal dan jumlah dananya.

Cara withdraw Binance6 5

6.      Verifikasi Transaksi

Usai klik [Withdraw], Anda akan menerima verifikasi email dan telepon. Silahkan, ikuti instruksi seperti tangkapan layar berikut. Jika sudah, klik [Submit]

Cara withdraw Binance7

Peringatan: apabila Anda memasukkan informasi atau network yang salah ketika penarikan dana, akan menyebabkan resiko kehilangan aset secara permanen. Jadi, pastikan semua informasi benar sebelum melanjutkan transaksi ya.

Mengapa Dana Penarikan Tak Kunjung Sampai?

Cara withdraw Binance sudah Anda ikuti dengan benar, namun mengapa dana tersebut tidak kunjung sampai?

Perlu Anda ketahui bahwa transaksi withdraw dari satu akun Binance ke wallet atau exchange lainnya melibatkan tiga tahapan berikut.

  • Permintaan withdraw (penarikan dana) di akun Binance
  • Konfirmasi jaringan Network
  • Deposit ke platform tujuan

Normalnya, ketiga tahapan proses penarikan dana tersebut berlangsung sukses hanya dalam waktu 30-60 menit. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa transaksi tersebut memerlukan waktu lebih lama untuk sampai dompet tujuan karena konfirmasi dari sebagian transaksi yang juga lama.

Sebagai contoh, perhatikan kasus berikut.

  • Alice akan withdraw sebanyak 2 BTC dari akun Binance ke wallet pribadinya. Setelah permintaan penarikan terkonfirmasi, maka ia harus menunggu sampai Binance meneruskan permintaannya.
  • Alice dapat melihat TxID (Transaction ID) pada halaman Binance wallet untuk detail transaksinya. Disini, transaksi masih pending (belum terkonfirmasi) dan 2 BTC tersebut beku sementara.
  • Jika proses berjalan lancar, transaksi akan dikonfirmasi oleh network dan Alice segera menerima 2 BTC setelah melalui konfirmasi 2 network.
  • Pada contoh ini, Alice harus menunggu konfirmasi 2 network sampai dana penarikan masuk ke wallet pribadi. Namun, waktu konfirmasi dari network berbeda-beda tergantung dari wallet atau exchange.

Bagaimana pun, masalah network dapat menyebabkan transaksi delay. Namun, Anda bisa menggunakan transaction ID (TxID) untuk mengecek status penarikan tersebut melalui blockchain explorer. Ada beberapa catatan yang perlu Anda pahami yaitu:

  • Jika blockchain explorer menunjukkan transaksi tidak terkonfirmasi, maka tunggu sampai transaksi completed terlebih dulu.
  • Jika blockchain explorer sudah terkonfirmasi, artinya dana sudah berhasil terkirim. Silahkan hubungi Support Team/Owner rekening tujuan lebih lanjut.
  • Segera hubungi Customer Support Binance jika TxID Anda belum sampai dalam waktu 6 jam dari klik konfirmasi penarikan dana. Jangan lupa, lampirkan tangkapan layar withdrawal history dari transaksi yang bermasalah. Pastikan, informasi yang Anda berikan jelas dan detail supaya agen Customer Service Binance cepat memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Cara Cek Transaksi di Blockchain

Dana tak kunjung masuk terkadang membuat trader khawatir apakah cara withdraw di Binance yang sudah Anda lakukan berhasil atau tidak. Nah, untuk memastikannya, Anda bisa cek transaksi tersebut di blockchain.

  • Pertama, silahkan login ke akun Binance, lalu klik [Wallet] – [Overview] – [Transaction History] untuk melihat riwayat transaksi kripto Anda.

Cara withdraw Binance8

  • Apabila [Status] menunjukkan transaksi “Processing”, berarti silahkan tunggu sampai transaksi terselesaikan dulu.

Cara withdraw Binance8 1

  • Namun, jika [Status] menunjukkan transaksi “Completed”, silahkan klik [TxID] untuk melihat detailnya.

Cara withdraw Binance8 2Cara withdraw Binance8 3 1

Itulah cara withdraw di Binance Anda dengan mudah. Baca ini, jika menemukan masalah terkait proses penarikan dana maupun informasi terkait withdraw Binance lebih detailnya ya.