2 Kelompok Ringan dan Berat, KIPI Adalah..

KIPI Adalah – Halo sobat Humorbendol, mengingat kondisi di seluruh dunia saat ini sedang mengalami pandemi, seluruh masyarakat di himbau dan wajib mengikuti vaksinasi covid-19. Mengapa? Karena saat tubuh kita sudah divaksin membuat kondisi kita lebih kebal dari serangan virus. Jika tadinya sebelum divaksin kondisi kesahatan tubuh menjadi parah, saat sudah divaksin kesehatanmu menjadi tidak terlalu parah atau orang yang memiliki imunitas tubuh yang baik biasanya akan lebih kebal ketika terserang virus.

Kemudian tidak sedikit orang yang merasakan gejala atau tubuhnya merespon vaksin yang sudah masuk ke dalam tubuh. Istilah tersebut biasanya kebih dikenal dengan KIPI atau kependekan dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Untuk sobat yang belum tahu ternyata KIPI ini terbagi menjadi 2 kelompok loh sobat. Ringan dan berat.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai KIPI serta macam-macam reaksi yang ditimbulkan pasca vaksin. Mari simak ulasannya di bawah ini.

KIPI Adalah..

kipi adalah
Source : diskes.baliprov.co.id

Mungkin ada sobat yang baru mendengar istilah KIPI ini saat vaksinasi covid-19 kemarin. Lalu bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya KIPI ini? Lalu gejala yang ditimbulkan berat atau ringan?

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI adalah sebuah gejala, reaksi, respon tubuh terhadap cairan (vaksin) yang masuk ke dalam tubuh penerima. KIPI sendiri terbagi menjadi 2 kelompok yaitu reaksi ringan dan reaksi berat.

Reaksi ringan ini memiliki sifat local, mudah ditangani dan akan hilang tana penanganan yang intens. Ciri-ciri reaksi ringan ini seperti pusing, demam, nyeri pada bekas suntikan, dan juga bisa nyeri sendi.

Untuk rekasi KIPI yang berat yaitu setelah divaksin tubuh akan memberikan reaksi yang cukup parah dan berat. Dan gejala berat yang biasanya terjadi yaitu alergi. Reaksi lain yaitu seperti syok anafilaktik dan kecacatan. Apa itu syok anafilaktik?

Reaksi yang terjadi karena reaksi alergi yang berat. Reaksi yang satu ini tentu memerlukan pertolongan yang tepat dan juga cepat. Fasilitas yang ada pada pelayanan kesehattan harus sigap mengantisipasi jika tiba-tiba ada orang yang mengalami gejala seperti ini ketika sudah divaksin. Itulah mengapa sesaat setelah divaksin kita wajib menunggu dulu selama 15-30 menit. Agar saat terjadi gejala yang berat bisa diatasi segera.

Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami KIPI Berat?

Para tenaga medis yang bekerja di posko vaksinasi covid-19 pasti sudah mempersiapkan prosedur mereka sebaik mungkin. Mereka juga sudah menyiapkan contact center yang bisa dihubungi oleh para vaksiner yang mengalami KIPI dengan reaksi berat atau ada keluhan yang terjadi. Dari fasyankes >> Puskesmas / Rumah Sakit >> Dinkes Kab/Kota atau dapat melapor ke keamananvaksin.kemkes.go.id. jika terjadi reaksi berat atau KIPI, maka pasien akan mendapatkan perawatan medis dan pemerintah akan menanggung seluruh biayanya.

Also Read :
100% WORK! Cara Masuk Akun Google Orang Lain Tanpa Verifikasi

Pemerintah melibatkan komnas KIPI dalam pelaksanaa vaksinasi di Indonesia guna memantau jalannya vaksinasi. Komnas KIPI merupakan sebuah lembaga yang independen dan kredibel yang mempunyai fungsi memantau jalannya vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi.

Macam-macam Reaksi KIPI

kipi adalah
Source : alodokter.com

Reaksi yang terjadi pasca vaksinasi tentunya beragam. Mulai dari yang ringan sampai yang berat. Nah, di bawah ini ada beberapa reaksi KIPI yang bisa kamu baca dam tentunya penting jika sewaktu-waktu kamu melihat keadaan serupa. Simak penjelasannya di bawah ini.

Reaksi komponen vaksin

Reaksi yang pertama yaitu bisa terjadi karena komponen vaksin. Komponen vaksin yaitu adjuvant, antigen, bahan pengawet (stabilizer dan preservatives) dan antibiotik. Maksudnya disini yaitu misalnya adanya antibiotic sehingga tubuh kita memberikan respon.

Reaksi cacat mutu vaksin

Reaksi yang kedua yaitu karena vaksin yang dibuat memiliki mutu yang tidak layak atau cacat. Tidak hanya karena mutunya saja loh, biasanya juga bisa terjadi karena alat yang disediakan untuk pengguna oleh produsen.

Reaksi karena kesalahan prosedur

Berikutnya yaitu karena prosuder atau tahap yang salah seperti jarum suntik yang digunakan untuk menyuntikan vaksin ke tubuh tidak steril. Makanya orang tersebut bisa mengalami KIPI.

Reaksi kecemasan

Tidak sedikit orang yang mengalami kecemasan saat akan di vaksin, terlebih orang yang takut dengan jarum suntik. Biasanya tubuh pasien akan memberikan respon panas dingin sebelum disuntik maka dari itu setelah divaksin tubuh terasa meriang.

Reaksi Koinsiden

Jika sebelum atau setelah divaksin orang tersebut mengalami demam hal ini bisa dinamakan asosiasi temporal. Yang mana dua atau lebih kondisi yang terjadi secara bersamaan baik itu berhubungan atau pun tidak berhubungan.

KIPI Vaksin Covid-19 dan Antisipasinya

kipi adalah
Source : liputan6.com

Jika penjelasan di atas KIPI adalah kejadian ikutan Pasca Imunisasi maka kita akan lanjut membahas bagaimana cara antisipasinya. Saat kamu sudah selesai di vaksin, pertugas akan mempersilahkan kamu untuk menunggu sekitar 15-30 menit guna observasi jika terjadi gejala baik yang ringan atau pun berat. Selain itu juga jika terjadi gejala atau reaksi yang berat selama proses observasi tersebut petugas dapat sigap menanganinya.

Tentu saja respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Mengapa? Karena hal ini juga tergantung dengan kondisi tubuh dan imunitas masing-masing. Usia juga menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya respon setelah vaksin ini. Jadi, apakah sobat sudah paham jika KIPI adalah semacam reaksi yang terjadi pada tubuh setelah vaksinasi loh.

Also Read :
Estimasi Pengiriman Adalah? | Ini 5 Contohnya

di bawah ini ada 2 reaksi yaitu reaksi berat dan ringan dengan cara antisipasi yang berbeda-beda. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Reaksi Ringan

Yang pertama ada reaksi ringan dari KIPI. Biasanya jika kamu mengalami kondisi seperti ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Reaksi ringan sendiri ada 2 loh sobat, yaitu:

Reaksi lokal merupakan reaksi yang terjadi pada tubuh kita seperti nyeri, benagkak, kemerahan atau sakit di tempat bekas suntikan. Itu untuk reaksi local yang ringan, kalau yang berat bisa seperti selulitis.

Cara mengantisipasinya yaitu dengan mengkompres bagian bekas suntikan dengan air dingin atau titik yang bermasalah. Bisa juga dengan mengkonsumsi paracetamol.

Berikutnya yang kedua ada reaksi sistemik. Reaksi ini berhubungan dengan sistem di seluruh tubuh. Biasanaya akan mengalami nyeri sendiri, nyeri otot, sakit kepala dan badan lemah.  merupakyang berhubungan dengan sistem atau keseluruhan tubuh. Reaksi sistemik berupa

Cara mengantisipasinya yaitu dengan minum air putih yang banyak, kompres bagian yang nyeri dengan air dingin, pakailah pakaian yang nyaman di pakai (tidak merasa kepanasan atau kedinginan) dan minum paracetamol.

Reaksi Berat

Di Indonesia sendiri belum pernah tercatat adanya pasien yang mengalami KIPI. Memang jarang terjadi, namun jika terjadi bisa berbahaya juga loh sobat. Reaksi bert yang terjadi ini seperti penurunan trombosit, kejang, hilang rasa sensorik yang akut, penurunan kesadaran disertai dengan pucat, kelemahan otot dan sering menangis. Jika sobat mengalami KIPI dengan reaksi berat, segera hubungan contact petugas yang tertera di kartu vaksin.

Kesimpulan

Pada umumnya, saat sudah melakukan vaksinasi jarang ada orang yang mengalami rekasi KIPI yang berat. Karena biasanya bersifat ringan dan sementara juga akan hilang tanpa obat atau penanganan dari dokter.

Kamu bisa mengompres rasa nyeri bekas suntikan dengan air hangat atau pun dingin. Menyesuaikan kondisi tubuh kamu. Kamu juga harus minum obat atau antibiotic bila perlu.

Jika kamu mengalami KIPI berat, silahkan lapor ke petugas atau pelayanan Kesehatan para kontak yang sudah tertera di kartu vaksin masing-masing. Kamu juga bisa melaporkannya ke situs web https://keamananvaksin.kemkes.go.id.

Kesimpulannya adalah vaksinasi wajib guna mengurangi gejala berat atau kematian yang terjadi akibat covid-19. Kamu juga harus mematuhi prokes agar selalu terhindar dari virus yang berbahaya ini loh sobat mengingat covid-19 memiliki varian yang baru yaitu Omicron.

Itulah tadi informasi dari artikel KIPI adalah kejadian ikutan pasca imunisasi ini. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa mengingatkan sobat akan pentingnya menjaga kesehatan. Share artikel ini ke teman-teman lainnya agar bisa menjadi ilmu bermanfaat yang terus mengalir dan menambah pengetahuan terhdap sesame. Stay Safe Ya!