2 Cara Deactivate Instagram Semantara dan Pemanen

Saat ini pengguna Instagram sudah semakin banyak, dan privasi seseorang bisa saja terlihat oleh sehttps://humorbendol.cmua orang. Namun, Instagram menyadiakan beberapa fitur untuk menjaga privasi penggunanya. Salah satunya melakukan cara deactivate Instagram secara permanen atau sementara.

Cara ini merupakan solusi selain menghapus akun Instagram secara permanen. Karena ini dapat mengakibatkan kehilangan data akun dan tidak dapat kembali lagi. Anda dapat memilih jangka waktunya sesuai keinginan, untuk deactive Instagram. Jika anda belum tau caranya, simak langkahnya berikut ini.

Cara Deactivate Instagram Sementara

  • Langkah pertama, anda harus login ke instagram.com menggunakan PC atau komputer.

font bio success

  • Kemudian, klik foto profil pengguna pada kanan atas dan klik profil dan edit profil.
  • Scroll ke bawah, dan temukan opsi ‘nonaktifkan sementara akun saya’ pada kanan bawah.

sementara 1

  • Pilih opsi dari menu pada samping untuk pertanyaan ‘mengapa menonaktifkan akun anda?’ lalu isi alasan anda dan masukkan kata sandi.

masukan pass

  • Selanjutnya, pilih nonaktifkan sementara.

Perlu anda tau, menonaktifkan akun akan menyembunyikan Instagram pengguna dari orang lain. Tidak seorang pun akan dapat melihat akun Instagram pengguna, kecuali jika aktif kembali. Cara ini lebih mudah daripada menghapus akun Instagram secara permanen.

Untuk menghapus akun Instagram pengguna permanen, anda harus mengajukan permintaan terlebih dahulu. Namun, membutuhkan waktu setidaknya waktu 3 bulan untuk menghapus semua postingan dan informasi pengguna.

Cara Deactivate Instagram Permanen

alasan deactive akun instagram
Alasan deactive akun instagram
  • Kemudian anda memasukkan kata sandi untuk verifikasi.
masukan password untuk deactive akun instagram
masukan password untuk deactive akun instagram
  • Terakhir, Instagram akan meminta anda mengonfirmasi ulang untuk mengetahui apakah anda benar-benar ingin menghapus akun anda atau menonaktifkan Instagram secara permanen.

Setelah melakukan cara deactive Instagram permanen, akun Instagram akan hilang dalam waktu 30 hari. Jika anda ingin membatalkan ini, nanti anda hanya perlu login kembali ke akun Instagram anda sebelum 30 hari. Jika anda tidak login kembali dalam jangka waktu tersebut, maka akun Instagram anda akan terhapus secara permanen.

Also Read :
Ternyata Begini, 8 Cara Promosi Video Youtube

Cara Deactivate Instagram yang Lupa Password

Banyak orang yang lupa dengan kata sandi akun media sosialnya, termasuk password Instagram. Jika hal ini terjadi pada anda dan ingin menonaktifkan akunnya, simak langkah berikut ini.

  • Pertama Login dulu ke Akun Instagram anda. Cara loginnya sedikit berbeda dengan cara login pada umumnya.
  • Caranya buka situs Instagram menggunakan laptop atau ponsel dengan browser, lalu klik ‘get help logging’.
  • Masukkan nama pengguna atau alamat email yang digunakan untuk akun yang ingin anda akses.
  • Selanjutnya anda akan mendapatkan verifikasi melalui email atau SMS Tunggu beberapa saat hingga anda mendapatkan kode yang dapat anda gunakan untuk masuk ke akun.
  • Jika kode verifikasi sudah masuk, maka anda bisa login menggunakan kode tersebut.
  • Selanjutnya atur ulang kata sandi akun Instagram anda, dengan klik menu ‘pengaturan’. Kemudian pilih menu ‘keamanan/security’.
  • Lalu masukkan kata sandi yang mudah anda ingat.
  • Setelah itu, klik tautan yang terkirim ke email anda dan atur ulang kata sandi akun lalu masuk menggunakan kata sandi baru.
  • Kemudian ‘hapus akun’ Setelah kata sandi baru sudah anda buat.

Perlu anda perhatikan, ketika semua cara deactivate Instagram sudah anda lakukan, maka semua konten yang ada dalam akun anda akan tersembunyi hingga anda mengaktifkannya kembali dengan login lagi.

Keuntungan Deactivate Instagram

Instagram merupakan platform media sosial yang menyediakan informasi terlengkap. Namun, anda tidak selalu membutuhkannya. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika tidak memiliki Instagram. Berikut adalah beberapa keuntungan menghapus akun Instagram.

Lebih Fokus

Disadari atau tidak, aktivitas dalam media sosial bisa memakan banyak waktu. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa anda jelajahi dengan Instagram, belum lagi berita gosip yang hot. Nah, jika anda kecanduan anda bisa menolak aktivitas yang seharusnya penting.

Anda juga bisa lebih cenderung menunda-nunda karena asyiknya bermain Instagram. Jika anda tidak memiliki Instagram, mungkin anda bisa lebih fokus pada aktivitas yang lebih penting dalam dunia nyata, seperti olahraga dan lainnya.

Lebih Bersyukur

Seperti kita tau, Instagram merupakan wadah bagi penggunanya untuk menampilkan hal-hal yang ia punya, bisa berupa prestasi, barang mewah, hingga hubungan pribadi. Nah, seringkali hal-hal ini menjadi sumber iri dan sangat jauh dari sumber inspirasi bagi banyak orang.

Also Read :
15+ Filter IG yang Ada Lagunya Paling Populer 2022

Jika anda hanya fokus pada postingan tersebut dan tidak dapat menanggapinya dengan bijak, kemungkinan besar anda akan merasa iri. Anda menjadi lebih fokus pada apa yang mereka miliki dan menyesali mengapa anda tidak memiliki hal yang sama.

Lebih Sehat Secara Emosional

Meski aktivitas dalam media sosial terbilang menyenangkan, tak jarang banyak orang yang memanfaatkan platform tersebut sebagai pelampiasan hal-hal negatif. Suka atau tidak, itu bisa mempengaruhi emosi anda juga.

Anda terlibat dalam hal negatif tersebut dan akhirnya anda akan merasa stres. Jika hal ini anda lakukan terus menerus, mungkin anda juga akan menjadi orang yang sama dengan netizen yang sembarangan dalam berkomentar.

Lebih Sehat Secara Fisik

Bukan hanya mental, kecanduan media sosial juga bisa berdampak pada kesehatan fisik. Beberapa gangguan fisik yang bisa muncul akibat penggunaan media sosial secara berlebihan, seperti mata rusak, kelelahan, dan penyakit lain yang muncul karena jarang berolahraga, serta carpal tunnel syndrome.

Bahkan ada yang lebih buruk dari hal ini, yakni tidak jarang orang menyetir sambil browsing media sosial. Nah, jika konsentrasinya dalam mengemudi sudah hilang, mungkin bisa menimbulkan kecelakaan yang bisa berakibat sangat fatal.

Cara Mengunduh Data Akun Instagram Yang Akan di Deactivate

Sebelum anda melakukan cara Deactivate Instagram, ada perlu mengunduh data dalam akun anda. Karena anda tidak akan dapat memulihkan kembali jika sudah menghapusnya, semua data akan terhapus sepenuhnya.

Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak menjadi masalah. Namun, ada baiknya anda mengunduh semua data foto atau video yang telah anda unggah di Instagram terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

  • Buka Instagram, baik itu melalui website atau aplikasi.
  • Cari ikon Pengaturan
  • Klik menu privasi & keamanan, data download, request download.
  • Masukkan alamat email. Nanti anda akan dikirimkan link untuk mendownload data akun Instagram anda, ikuti dengan password akun Instagram anda
  • Dalam waktu 48 jam, Instagram akan mengirimkan email yang berisi tautan ke data akun Instagram anda. Judulnya ‘your instagram data (data instagram anda)’
  • Klik ‘download data’, namun pastikan dulu email yang anda terima benar-benar dari Instagram, agar tidak salah klik.

Itulah cara deactivate Instagram, serta keuntungannya yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.