Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Keuangan

Lakukan 13 Kebiasaan Ini Untuk Meningkatkan Keuangan Kita

Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan KeuanganTahun 2020 sudah berada di pertengahan, dan kini tahun 2021 sudah siap untuk anda sambut. Lalu, sudahkah anda membuat resolusi untuk tahun depan ? Baik itu mencakup resolusi kehidupan pribadi atau kehidupan finansial anda. Nah, jika anda hendak membuat resolusi tentang finansial, kira-kira resolusi atau target apa yang ingin anda capai dalam kondisi keuangan anda ?

              Resolusi atau target finansial tentu saja bisa dicapai dengan sikap disiplin dan kebiasaan baik yang anda lakukan. Oleh sebab itu, kali ini kami telah merangkum beberapa kebiasaan baik yang bisa meningkatkan keuangan anda, yang mana nantinya dapat membantu kehidupan pribadi anda beserta keluarga menjadi lebih sejahtera di tahun 2021.   

Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Keuangan

Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Keuangan Kita
Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Keuangan Kita

Siapa sih yang tidak ingin hidupnya sejahtera ? Bukankah anda termasuk yang menginginkan hal demikian ? Untuk itu, anda perlu meningkatkan kondisi keuangan demi tercapainya hidup yang anda impikan tersebut. Lantas, harus memulai dari mana dan apa saja yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya ? Sebelum itu, perlu anda ketahui bahwa kesejahteraan dalam kondisi finansial ternyata dapat ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan baik yang anda lakukan. Ya, walaupun tampak remeh anda harus menerapkan kebiasaan baik berikut ini guna meningkatkan keuangan anda. Apa saja ? Yuk langsung saja simak uraian di bawah ini!

 1.Membaca Buku tentang Keuangan

              Setiap impian yang ingin dicapai tentu perlu usaha yang maksimal dan disertai dengan pengetahuan di balik setiap langkah. Dan untuk meningkatkan wawasan anda tentang keuangan, maka sebaiknya anda perlu membiasakan diri untuk membaca banyak buku yang berakaitan dengan keuangan hingga investasi. Sebab, dengan menambah literasi mengenai keuangan maka nantinya bisa diterapkan dalam mengatur keuangan anda dengan lebih baik.

2.Membuat Anggaran

              Membuat daftar anggaran untuk setiap bulannya ternyata memberikan dampak yang baik bagi keunangan anda. Cara satu ini dapat membantu anda untuk memudahkan anda menabung, investasi, mengendalikan pengeluaran, atau membantu anda mencapai tujuan di masa depan. Membuat anggaran sangat efektif untuk meningkatkan keuangan. Bagaimana bisa ? Sebab, sejak awal anda menerima gaji, anda sudah bisa membagi uang sesuai dengan pos pengeluaran yang ada.

3.Mengurangi Biaya Pengeluaran

            Mengurangi biaya pengeluaran termasuk kebiasaan baik yang dapat meningkatkan keuangan anda. Hal ini terbilang sangat efektif karena dapat menyimpan lebih banyak uang. Nah, agar anda mengetahui mana pengeluaran yang penting dan tidak, anda bisa membuat pendataan sederhana terlebih dahulu. Dengan demikian, anda bisa lebih menghemat uang untuk ditabung atau diinvestasikan.

4.Mulai Berinvestasi

            Selanjutnya, mulai berinvestasi adalah kebiasaan baik yang perlu diterapkan sejak dini jika anda bercita-cita meningkatkan keuangan anda. Investasi ini dianjurkan bagi anda karena termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk mengembangkan kondisi finansial anda. Anda bisa memulainya dengan nominal kecil dengan menyisihkan 10 % dari gaji anda setiap bulannya untuk berinvestasi.

5.Membuat Rencana Keuangan

            Tingkatkan keuangan anda dengan membuat rencana keuangan. Sebab, jika anda mempunyai rencana keuangan akan berdampak baik bagi kondisi kehidupan anda seluruhnya. Anda bisa memulainya dengan cara sederhana, dengan menetapkan tujuan, menghitung kebutuhan dan memperhitungkan berapa lama waktu yang diperlukan. Jika anda konsisten melakukan kebiasaan baik ini maka seiring dengan berjalannya wkatu dan bertambahnya pengalaman, dapat membuat anda bisa membuat rencana keuangan lebih baik.

6.Melunasi Utang

            Segera melunasi utang adalah kebiasaan yang wajib anda terapkan jika anda ingin mewujudkan keinginan anda untuk meningkatkan keuangan. Bukankah jika anda bebas dari utang maka anda bisa menetapkan tujuan tanpa beban serta mengalokasikan uang untuk ditabung ? Ya, walaupun tidak semua jenis utang adalah buruk, namun alangkah baiknya jika anda segera lunasi utang agar keuangan anda jauh lebih ringan.

7.Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit

            Jika sebelumnya anda terbiasa menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang pribadi anda, maka kurangi kebiasaan satu ini. Sebab, hal ini tentu saja bisa menjadi pemborosan yang tanpa ada sadari bisa mengurangi keuangan anda. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk membuat anggaran uang bulanan untk setiap pengeluaran. Setelah itu, usahakan untuk membawa uang tunai jika anda berbelanja atau berpergian agar mengurangi penggunaan kartu kredit.

8.Menabung dengan Rutin

            Kebiasaan yang bisa meningkatkan keuangan anda berikutnya ialah dengan menabung secara rutin. Salah satu cara efektif untuk mengelola uang dengan baik adalah dengan menabung di awal bulan. Hal ini memudahkan anda untuk meningkatkan kondisi finansial, sebab jika dilakukan dengan rutin anda akan memiliki tabungan yang lebih banyak dan bisa dipergunakan di masa depan nanti.

9.Kurangi Frekuensi Berbelanja

            Apakah anda termasuk orang yang gemar berbelanja kebutuhan pribadi ? Jika ya, maka cobalah untuk berpuasa belanja atau kurangi frekuensi berbelanja. Dengan demikian, uang bulanan anda bisa selamat dari pembelian yang tidak penting. Jika cara ini belum pernah anda lakukan, maka jadikanlah hal ini kebiasaan anda yang harus dicoba demi meningkatkan kondisi keuangan anda.

10.Menyiapkan Dana Pensiun

              Kebiasaan baik berikutnya yang dapat meningkatkan keuangan anda ialah dengan menyiapkan dana pensiun sejak muda. Sebab, dana pensiun dapat menjamin masa tua yang menyenangkan dan tidak menyusahkan anak atau keluarga. Oleh karena itu, jika anda pandai dalam mengatur keuangan, di masa tua nanti anda tidak perlu bekerja sampingan karena telah memiliki dana pensiun yang cukup.

11.Mencari Penghasilan Tambahan

            Jika anda ingin meningkatkan kondisi finansial, maka bersiaplah untuk bekerja lebih keras daripada sebelumnya. Dengan cara apa ? Yakni salah satunya dengan mencari penghasilan tambahan. Jika kebetulan anda tengah mengalami masalah keuangan, maka mencari pekerjaan tambahan sangat diperlukan.

12.Mengurangi Kebiasaan Makan di Luar

            Sering makan di luar rumah bersama keluarga ? Kebiasaan satu ini memang cukup menyenangkan, namun tidak akan berdampak baik pada kondisi keuangan anda. Makan di luar bersama keluarga memang terlihat sederhana, namun rupanya hal ini akan mengeluarkan modal yang besar. Biaya untuk makan diluar akan mengurangi jatah uang bulanan anda. Oeh karena itu, pastikan anda mengurangi makan diluar bersama keluarga jika ingin kondisi finansial anda meningkat dan sejahtera.

13.Merencanakan Menu Makan

            Kebiasaan baik selanjutnya yang dapat meningkatkan keuangan anda ialah dengan merencanakan menu makan. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghemat biaya makan. Anda bisa merencanakan menu makan untuk setiap bulan, yang dapat dibagi menjadi empat pekan. Dengan demikian, anda bisa belanja bahan makanan secara mingguan untuk menghemat uang dan waktu.

            Itulah dia beberapa kebiasaan baik yang bisa meningkatkan keuangan anda. Memang, untuk merubah kondisi finansial membutuhkan waktu hingga menjadi kebiasaan rutin dan anda bisa merasakan perubahan baiknya. Jadi, selamat mencoba berusaha meningkatkan keuangana anda dan semoga berhasil ya! terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai

Leave a Reply