12 Cara Agar Tidak Boros Uang , Lakukan kebiasaan ini sekarang!

Cara Agar Tidak Boros Uang-Hidup boros artinya membelanjakan uang secara berlebihan. Apakah anda termasuk salah satu orang yang suka hidup dalam pemborosan ? Kegiatan membelanjakan uang untuk membeli barang-barang kesukaan memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tidak hanya perempuan saja yang memiliki hobi berbelanja, nyatanya laki-laki pun juga tak kalah memiliki hobi berbelanja. Dari kalangan anak muda hingga orang tua, berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan, terlebih di saat mempunyai banyak uang.

Perlu anda ketahui, kebiasaan berbelanja harus dilakukan dengan menerapkan sejumlah aturan ketat, guna mencegah terjadinya pemborosan. Jika aturan tersebut tidak diterapkan dengan baik, maka hobi berbelanja anda sangat berpotensi dapat menghabiskan uang banyak dalam waktu singkat. Ya, alih-alih bisa menabing, justru karena sering terbiasa hidup boros, bukan tidak mungkin anda akan dihadapi dengan sejumlah masalah seperti utang di masa mendatang. Tentu saja anda tidak menginginkan hal ini bukan ?

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan membelanjakan uang secara berlebih termasuk melakukan sejumlah pemborosan dalam hidupnya. Tanpa disadari, mereka telah melakukan kesalahan dalam mengelola uangnya. Nah, jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka kebiasaan boros akan sulit dihilangkan. Namun, tidak ada hal yang tidak mungkin selagi anda mau berusaha dan bisa menaklukkan diri sendiri. Ya, kebiasaan boros dalam membelanjakan uang tentu saja dapat diperbaiki selagi anda bisa menerapkan metode atau aturan yang tepat dalam menanganinya.

12 cara agar tidak boros uang yang harus kamu tahu

Lantas, bagaimana cara memperbaiki diri agar bisa hidup hemat dan bebas dari kata pemborosan ? Banyak orang yang berkeinginan hidup hemat namun tidak tahu bagaimana cara memulainya. Jika anda berkinginan untuk meninggalkan hidup boros dan beralih menjadi lehih hemat dalam membelanjakan uang, maka artikel kali ini sangat tepat uantuk anda simak. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara agar tidak boros uang!

  • Menyusun Anggaran dan Menerapkannya

Susun anggaran anda lalu terapkan secara bertahap. Ini adalah cara pertama yang harus anda lakukan agar tidak hidup dalam pemborosan lagi. Sebab, sewaktu anda melakukan pemborosan, maka sudah tentu dipastikan anda memiliki sejumlah masalah dalam anggaran keuangan anda dan menyebabkan keuangan tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya. Untuk itu, solusi terhadap hal ini ialah lakukanlah penyusunan ulang akan anggaran keuangan anda, lalu terapkan beberapa kebijakan di dalamnya, guna untuk menghentikan sikap boros. Nah, jika anda sudah menyusun anggaran dengan baik, maka terapkanlah secara bertahap dalam kehidupan sehar-hari. Dengan melakukan penghematan secara bertahap, maka tindakan tersebut dapat berjalan dengan mudah dan menyenangkan untuk dilakukan sehingga anda lebih bersemangat dalam melakukan penghematan.

  • Melakukan Analisa
Also Read :
Tabel Pinjaman KUR Bank BRI Terbaru

Kebiasaan buruk dalam membelanjakan uang secara berlebihan perlu dilakukan analisa kecil untuk menghadapi hal tersebut. Sebab, tidak semua kegiatan belanja itu buruk, akan tetapi anda perlu memikirkan point mana dari kegiatan tersebut yang benar-benar kebutuhan penting anda. Dengan melakukan analisa, anda akan terbiasa memperkecil lingkup kebiasaan belanja yang anda lakukan. Perlu dipahami dengan baik mengapa dan untuk apa anda menghabiskan sejumlah uang pada saat berbelanja. Lakukan analisa dan pertimbangkan hal tersebut dengan bijak. Dengan demikian, lambat laun anda akan bisa mengontrol serta mengatur dengan baik dalam membelanjakan uang anda.

  • Mencari Penyebab dan Solusinya

Apakah anda sudah tahu motivasi atau penyebab orang membelanjakan uangnya dengan boros ? Jika anda juga suka mengeluarkan sejumlah uang dan berbelanja di luar kebutuhan, maka anda perlu mencari penyebab serta solusinya.

  • Disiplin Mengatur Uang

Sudahkah anda disipin dalam mengatur keuangan ? Jika belum, maka anda harus memulainya saat ini juga. Mengatur keuangan tidak sesulit yang dibayangkan, asal anda menerapkan sikap disiplin di dalamnya. Jika anda memutuskan untuk berhemat, maka pastikan penghematan tersebut tidak bertahan dalam hitungan minggu saja, namun terus berlanjut. Bagaimana disiplin dalam mengatur uang ? Mulailah dari cara sederhana seperti berbelanja sesuai dengan kebutuhan, bukan karena keinginan semata.

  • Mencatat Pengeluaran Secara Berkala

Cara agar tidak boros uang selanjutnya yang perlu anda lakukan ialah dengan mencatat pengeluaran secara berkala. Mulailah untuk berlajar dan perhatian terhadap pengeluaran anda. Mengapa ? Sebab, cara satu ini terbilang efektif supaya hidup hemat anda dapat berjalan dengan seimbang. Anda bisa memulainya dengan mencatat pengeluaran harian atau mingguan anda di buku catatan kecil atau di notebook smartphone. Rutinlah mencatat pengeluaran anda, dan beri tanda untuk pengeluaran wajib, tidak wajib dan pelengkap. Setelah itu, evaluasi kembali pengeluaran yang bisa anda tekan, guna menghemat uang anda agar tidak masuk dalam pemborosan.

  • Menghemat Secara Perlahan

Jika anda sudah melakukan beberapa cara menghemat uang diatas, maka lakukanlah hal tersebut secara perlahan. Usahakan untuk tidak melakukan penghematan yang ekstrim, sebab hal tersebut akan menjadi sebuah kesulitan yang besar bagi anda. Untuk itu, mulailah dari hal-hal kecil yang mudah untuk dilakukan, secara perlahan tapi pasti.

  • Membuat Rekening Khusus
Also Read :
Mencari Tahu Apa Itu Financial Consultant?

Cara selanjutnya agar anda bisa hidup tidak boros adalah dengan membuat rekeing tabungan khusus untuk menyisihkan sebagian penghasilan anda. Cara satu ini terbilang cukup efektif jika diterapkan dengan konsisten. Usahakan untuk tidak membelanjakan uang yang ada pada rekening ini agar terhindar dari pemborosan.

  • Membelanjakan Uang Sesuai Kebutuhan

Membelanjakan uang sesuai kebutuhan merupkan cara efektif selanjutnya agar anda tidak boros. Jika Ingin lebih berhemat, usahakan belanja bulanan dengan matang sebelumnya. Sebab, jika tidak direncanakan dan membuat anggaran terlebih dahulu, maka menjadikan anda semakin kalap dalam berbelanja. Oleh sebab itu, rencanakan anggaran belanja anda supaya proses belanja lebih terstruktur.

  • Tidak Memaksakan Gaya Hidup

Hiduplah sesuai dengan keadaan kantong. Hal ini berarti jangan memaksakan kehendak dan gaya hidup jika anda ingin hidup hemat. Sebab, saat ini tidak jarang orang yang berusaha bergaya tanpa melihat kondisi finansialnya, sehinga jusru semakin memperburuk keuangan. Nah, untuk mencegah anda dari yang namanya pemborosan uang, bergayalah sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Jangan pernah memasakan diri sendiri untuk belanja barang mahal jika tidak bersifat penting.

  • Tidak Membeli Barang yang Nilainya Mudah Menyusut

Jika ingin hidup hemat dan jauh dari kata pemborosan, maka anda wajib untuk tidak menahan diri agar tidak membeli barang-barang mahal yang nantinya akan mengalami penyusutan harga. Contohnya seperti produk smartphone, yang mana akan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Sebaiknya pikirkan secara matang-matang jika anda tidak ingin rugi dibelakang. Karena pada umumnya, orang akan langsung tertarik jika melihat barang bagus yang mahal seperti smartrphone keluaran terbaru tanpa memikirkan kondisi finansialnya dan kegunaannya di masa mendatang. Oleh sebab itu, hindari membeli barang yang nilainya mdah menyusut agar tidak semakin memperburuk kondisi keuangan anda.

Demikianlah berbagai cara yang bisa anda terapkan agar anda bisa jauh dari kata pemborosan. Bagaimana ? Setelah menyimak cara agar tidak boros uang yang harus kamu diatas, tentu anda sudah paham betul ya bagaimana  menyimpan uangmu. Selamat mencoba !