10+ Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

12+ Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Sebagian orang terkadang masih ragu untuk mulai berbisnis karena menganggap bidang dagangnya mainstream dan telah ada banyak kompetitor. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus pintar mencari ide, salah satunya yaitu menjalankan usaha yang langka tapi menguntungkan.

Beberapa Jenis Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Berikut usaha yang langka tapi menguntungkan baik dalam bentuk produk barang maupun bidang jasa:

Menjual Barang Antik

Keuntungan usaha ini cukup menggiurkan namun banyak yang meliriknya sebelah mata. Oleh karena itu masih sedikit pengusaha yang menjual produk tersebut. Padahal, semakin lama barang antik maka harganya justru akan lebih mahal.

Jenis produk barang antik sendiri tidak terbatas mulai dari elektronik, perabotan, hingga aksesoris. Target pasarnya memang lebih terbatas namun seiring waktu menggeluti bisnis ini Anda akan tahu kemana harus memasarkannya. Selain itu para kolektor juga rela mengeluarkan uang lebih untuk membelinya.

Pengunduh Madu

Madu terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ini termasuk usaha langka tapi menguntungkan mengingat hanya sedikit orang yang berani mengunduh dan mulai menjualnya. Apalagi sekarang harga bahan makanan manis tersebut sedang meningkat.

Harga madu asli per botol bisa ada pada kisaran 150 ribuan. Menjadi pengunduh madu bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk Anda coba.

Makanan Sehat Cepat Saji

Kebanyakan Fast food yang ada di pasaran mengandung kadar kalori, kolesterol dan lemak yang tinggi sehingga kurang bagus bagi kesehatan. Meskipun begitu peminatnya tetap banyak karena penyajiannya cepat sehingga menghemat waktu konsumen.

Berdasarkan hal tersebut Anda dapat melihat peluang untuk membuka usaha makanan cepat saji namun sehat. Modifikasi menu fast food yang sedang laris di pasaran. Misalnya, Pizza vegetarian dengan topping sayur-mayur, chicken wrap berisi sayuran hijau tinggi serat dan lain sebagainya.

Penitipan Hewan Peliharaan

Para pemilik hewan peliharaan biasanya membutuhkan jasa penitipan saat hendak bepergian dalam waktu lama. Di Indonesia masih jarang yang menjalankan usaha ini padahal sekarang peminatnya cukup banyak sehingga tidak kalah menguntungkan dari tempat penitipan anak.

Umumnya biaya penitipan peliharaan dihitung per hari. Harganya berkisar 75 – 150 ribu rupiah tergantung jenis hewan, ukuran dan beratnya. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memulai usaha ini supaya berkembang sesuai ekspektasi yaitu:

  • Memilih lokasi yang tepat agar hewan tidak stress
  • Memperhatikan kualitas makanan dan minuman
  • Meng-hire pengasuh hewan yang kompeten dalam bidang animal care

Penyewaan Alat Fotografi

Saat ini mayoritas platform media sosial fokus pada visual sehingga banyak konten kreator yang membutuhkan alat-alat memadai. Meskipun sudah ada ponsel pintar dengan fasilitas canggih, namun kamera mirrorless dan DSLR tetap memberikan hasil lebih baik.

Mengingat jika membeli sendiri harganya cukup mahal maka tidak sedikit yang akan lebih memilih menyewa. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa beberapa fotografer masih menggunakan perlengkapan sewaan. Memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa sewa alat fotografi.

Penitipan Kendaraan

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong ini merupakan peluang usaha langka yang tidak membutuhkan modal besar namun tetap menguntungkan. Apalagi jika letak tanah tersebut berada di dekat keramaian seperti stasiun, alun-alun, terminal, mall dan sebagainya.

Sekarang masing-masing orang memiliki kendaraan pribadi sehingga prospek usaha penitipan kendaraan cukup menjanjikan. Umumnya tarif penitipan kendaraan per hari yaitu motor Rp. 5000 dan untuk roda empat Rp. 10000.

Service Kendaraan Panggilan

Usaha ini cocok bagi ahli otomotif. Servis kendaraan biasa memang sudah marak, namun masih jarang yang bersedia memenuhi panggilan. Padahal tidak sedikit driver yang mengalami mogok di tengah jalan dan jauh dari bengkel. Anda dapat mengambil peluang bisnis dari keadaan tersebut.

Anda bisa memulainya dengan menjadi montir panggilan hanya saat waktu luang. Freelance seperti ini hasilnya cukup menguntungkan mengingat layanan roda empat di bengkel konvensional biayanya mulai dari 400 ribuan. Otomatis untuk service kendaraan panggilan tarifnya pasti lebih tinggi.

Cemilan Sehat Rendah Kalori

Selain bisnis fast food sehat, peluang usaha cemilan sehat rendah kalori juga masih langka padahal hasil pendapatannya cukup menguntungkan. Apalagi saat ini sedang marak isu kesehatan yang menerpa snack biasa di pasaran sehingga berpotensi menurunkan jumlah pelanggannya.

Cobalah untuk membuat resep camilan yang rendah kalori. Setelah memastikan bahwa rasanya layak jual Anda bisa mulai memasarkannya melalui media sosial dengan sistem made by order. Jika snack tersebut benar-benar enak pasti bisnis ini mudah berkembang dengan pesat.

  1. Salon Khusus Muslimah

Banyak salon yang memiliki pegawai laki-laki dan menerima pelanggan pria maupun wanita. Bagi seorang muslimah akan merasa kurang nyaman jika harus memotong rambut atau melakukan perawatan tubuh lainnya disana. Anda bisa melihat ada peluang usaha dari kondisi tersebut.

Membuka salon khusus muslimah termasuk pilihan usaha yang pesaingnya masih sedikit. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam otomatis market bisnis ini cukup besar. Selain itu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu cara untuk lebih memberdayakan perempuan.

Desain Mahar Unik

Semua orang berharap menjalani pernikahan sekali seumur hidup sehingga ingin seluruh aspeknya spesial termasuk mahar. Anda bisa membuat inovasi dengan membuka usaha jasa mendesain mas kawin dengan berbagai bentuk unik seperti ka’bah, burung merak, masjid dan sebagainya.

Desain mahar unik termasuk salah satu ide usaha yang tidak membutuhkan modal terlalu besar. Selain itu sekarang peminatnya juga cukup banyak. Namun, sebelum memulainya Anda harus mempelajari keterampilan untuk membuat variasi berbagai bentuk mas kawin terlebih dahulu.

Budidaya Pohon Gaharu

Bisnis ini masih sedikit yang menjalankan karena membutuhkan modal awal yang cukup besar. Jika Anda tidak ingin memiliki banyak kompetitor maka budidaya pohon Gaharu bisa menjadi alternatif pilihan terlebih mulai dari daun hingga kayunya semua memiliki nilai jual tinggi.

Saat ini daun pohon Gaharu yang biasa diolah menjadi teh kesehatan harganya mencapai 30 ribu/kg. Sedangkan kayunya menjadi bahan dasar wewangian sehingga Anda bisa menawarkannya ke pabrik parfum dengan nilai jual hingga 10 jutaan/kg. Meskipun butuh modal banyak namun keuntungannya jauh lebih besar.

Usaha Arang Tempurung Kelapa

Tidak sedikit pebisnis kuliner yang memerlukan arang tempurung kelapa mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bahkan market luar negeri juga membutuhkannya. Meskipun begitu pelaku usaha satu ini masih sedikit sehingga jika Anda tertarik menjalankannya tidak akan memiliki banyak pesaing.

Masih belum banyak yang tahu bahwa pasar global sangat berminat dengan arang tempurung Indonesia. Alasannya yaitu karena kalorinya tinggi mencapai 6700-7100 kkal sehingga mempercepat pembakaran. Anda bisa memulai bisnis ini bermodalkan mesin cetak briket.

Itulah ulasan mengenai usaha yang langka tapi menguntungkan. Jika Anda sedang mencari referensi bisnis maka rekomendasi di atas bisa menjadi rujukan. Sebelum membuka bisnis tertentu pastikan sudah membuat perencanaan matang berkaitan dengan peluang sekaligus resikonya.

 

Leave a Reply